Perpustakaan Online SMK 1 Wonosobo

Untuk memperkaya isi blog, saya putuskan untuk menambah kategori, yaitu “My Source”.Kategori ini berisi tentang kumpulan source code yang saya buat, tersedia dalam berbagai bahasa. Daripada source-source berserakan dimana-mana, mending dikumpulin di blog aja, siapa tahu teman-teman ada yang membutuhkanya.. πŸ˜€

Perpustakaan Online SMK 1 Wonosobo merupakan hasil ujian praktek saya di SMK 1 tahun silam. Dibuat menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya. Jadi ingat, waktu itu kami (saya dan teman2 SMK 1) hanya diberi waktu selama 3 hari untuk merampungkan aplikasi web ini, dari nol (kosong blong). Nggak nyangka, hasil begadang 2 minggu sebelumnya hanya untuk utak-atik PHP dan mematangkan konsep akhirnya terbayar, dengan nilai yang cukup memuaskan.

Web ini berjalan di localhost, menggunaan server lokal yang dijalankan oleh AppServ (kalo g salah AppServ versi 2.5,7). MySQL yang digunakan sudah versi 5 (lupa detailnya versi berapa). PHPnya masih procedural, belum OOP (karena memang di SMK saya belum pernah mencicipi kue yang namanya OOP,hehe). Layout sederhana banget, cuma main photoshop saat layout, dipotong-potong pake slice, ngatur hover pake ImageReady, diimport ke HTML, dan jrenng…. jadilah tampilan minimalis yang cukup manis. Untuk mempermudah relationship, digunakan jenis tabel InnoDB untuk mempermudah hubungan antar tabel yang ada. Tabel yang digunakan ada 8, nanti bisa dilihat sendiri di file lampiran.

Ini dia tampilannya..

UPK051 home
Tampilan Awal

Itu bagian bawah pake CSS model fixed (fixed atau relative y..lupa, liat aja di file CSSnya,hehe). Tujuannya agar saat halaman di-scroll, footer tetep duduk dengan manis di bawah, dan mengikuti ke mana scroll berjalan. Di dalamnya ada data-data buku, penulis, penerbit, dan tentu saja buku tamu (ceritanya untuk menampung pengunjung yang datang).

Coba aja deh.. Cara instalnya mudah kok. Tinggal instal web server lokal di komputer atau laptop, extract file zip/rar di direktori root dari web servermu. Eits..jangan lupa setting databasenya dulu..Β  Konfigurasi host, password, database server ada di file admin/koneksi/koneksi.php. Diedit dulu, sesuaiin dengan server punya teman2. Kalo udah, buka PHPmyadminnya, buat database di MySQL untuk menampung data-data yang nantinya akan diinteraksikan oleh web. Misal nih, beri nama upk051_db (upk051 tu nomor ujian saya, jadi harap maklum sering nemuin kata-kata “upk051”,hehe). Trus import file SQL-nya, filenya ada di folder database. Pilih yang ekstensinya *sql, jangan yang *mdb (itu file punya Ms. Access, ntar dimarahi lho.. πŸ˜€ ). Kalo udah, klik OK/GO (ada di bagian bawah halaman).

Eiya,,hampir lupa, tampilan tadi adalah tampilan hanya untuk view data. Kalo mau nambah, ubah, hapus, caranya beda. Misal, file-file disimpan di folder upk051, jadi pemanggilannya adalah http://localhost/upk051/admin. Panggil file yang ada di folder admin. Kalo sukses, akan muncul tampilan seperti ini..

UPK051 login
Tampilan Login

(Simpel banget halaman loginnya.. 😦 ). Untuk mengirit waktu,waktu yang disediain cuma 3 hari. So, minimalis style,hehe

User ID : upk051

Password : 123456

Klik Login, dan tampilannya adalah sebagai berikut :

UPK051 administrator
Tampilan Halaman Administrator

File source bisa didownload di sini. (Ubah dulu ekstensi *doc menjadi *.rar y, ini buat ngakalin wordpress yang tidak menerima file zip/rar πŸ˜€ )

File presentasi bisa didownload di sini

Kalo masih bingung, jangan sungkan-sungkan nanya y..tinggal comment di bawah, kirim email atau lewat facebook di http://www.facebook.com/fadlikadn juga boleh.. πŸ˜€

Oke, cukup sekian. Penjelasan source code yang ada mungkin akan saya jelaskan pada lain kesempatan. Keep spirit!! Salam.. πŸ˜€

Iklan

27 tanggapan untuk “Perpustakaan Online SMK 1 Wonosobo

  1. Apa kabar mas fadli?
    Saya coba aplikasinya ya, tapi ntar dulu karna koneksi inet lagi down (CDMA bangett).. buat donlot..
    Saya suka kalimat ini “Ubah dulu ekstensi *doc menjadi *.rar y, ini buat ngakalin wordpress yang tidak menerima file zip/rar”. Huehehehe.. kreatip tenan aleng ngakali…

  2. saya udah coba!!!!!!!!!! tapi kok ngga bisa login………mohon penjelasaannya!!!!!!!!!tolong penjelasanx d krim d email saya: “dedysetiawan14@gmail.com”

  3. mks gan berguna bgt nih buat ane…oh y cara login nya gmn itu…udh dimskin pass na g bsa2…ma cara setingan koneksi na gmn sih…ane g ngerti…tq yah sekli lgi

  4. thnk u mas bro……. πŸ™‚ semoga kebaikan elu membagi ilmu ini,,akan mendapatkan balasan yang baik dari yang kuasa ,,,amiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn πŸ™‚ πŸ™‚ hehehhe,,, gw udah pusing nyari sana sini buat database ini ,,n akhirnya nemu disini,,, smga saya segera bisa πŸ™‚ ,,,,,, maklumlah, gw masih awam ,,jdi blum terllu paham …

  5. Mohon pencerahannya error ini:
    di menu buku
    Notice: Undefined index: hal in C:\xampp\htdocs\pustaka\buku.php on line 119

    Notice: Undefined index: hal in C:\xampp\htdocs\pustaka\buku.php on line 120

    menu anggota
    Notice: Undefined index: hal in C:\xampp\htdocs\pustaka\anggota.php on line 117

    Notice: Undefined index: hal in C:\xampp\htdocs\pustaka\anggota.php on line 118

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s