Microsoft Student Partner

Posted on Updated on

Microsoft Student Partner (MSP) merupakan sebuah program dari Microsoft untuk mendedikasikan diri dalam bidang edukasi dengan cara bekerja sama dengan kalangan mahasiswa. MSP ini merupakan program seluruh dunia, termasuk Indonesia di dalamnya. Alhamdulillah, saya sekarang saat ini adalah salah satu dari 73 MSP di Indonesia, baru diangkat bulan Maret kemarin. Mungkin teman-teman bertanya-tanya, apa sih keuntungan yang didapat bila menjadi MSP? Banyak temen-temen, di antaranya :

  1. Mendapatkan sumber belajar melimpah dari Microsoft. Kita bisa secara leluasa belajar teknologi Microsoft langsung kepada para ahlinya.
  2. Mendapatkan training gratis. Training yang didapatkan tentunya seputar teknologi Microsoft. Sampai saat ini, saya sudah mendapatkan beberapa training tentang teknologi terbaru Microsoft, yaitu Windows Phone dan Windows 8.
  3. Mendapatkan lisensi gratis. Bayangkan saja, hampir semua lisensi premium dari Microsoft bisa didapatkan dengan cuma-cuma. Contohnya, Visual Studio 2010, Windows 7, Microsoft Office, dan produk-produk yang lain. Jadi kalau diitung-itung, lisensi yang didapatkan mencapai $10.000, bahkan lebih.
  4. Link dan Network baru. Tidak dapat dipungkiri, saat kita didaulat menjadi Microsoft, secara tidak langsung kita mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mengenal orang-orang hebat di bidang teknologi informasi maupun orang-orang hebat lainnya.
  5. Free roadtrip. Ini yang paling ditunggu-tunggu. Dengan menjadi MSP, kita bisa jalan-jalan keliling Indonesia secara gratis. Bagian ini yang akan saya bagikan sebentar lagi. 😀

Dengan segala keuntungan yang sekian banyaknya, tentunya ada kewajiban yang harus teman-teman MSP lakukan. Para MSP harus mendedikasikan dirinya untuk peduli dan membagikan ilmunya, baik lewat blogging, training, eksplorasi, dan sebagainya. Jadi, banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengan menjadi MSP. Di MSP dituntut untuk terus belajar dan belajar, sebelum nantinya membagikan apa yang ia dapatkan ke orang lain. Dengan menjadi MSP, ini merupakan salah satu bentuk kontribusi kepada bangsa dan ikut mencerdaskan bangsa.

Nah, kemarin tanggal 16 – 17 Juni, Microsoft mengadakan training tentang Windows 8 bagi para MSP. Training dibagi menjadi 2 tempat. MSP Regional Jabodetabek dan Jawa Barat melakukan training di Bandung, sementara teman-teman MSP Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bertempat di Yogyakarta. Training dilakukan selama 2 hari, dengan materi menarik, Windows 8 dan bagaimana mengembangkan aplikasi Metro Style yang merupakan konsep baru dari Microsoft.

MSP ITS saat ini ada 4 orang, yaitu Mas Rahadian Dustrial Dewandono (Teknik Informatika 2008), Mas Bayu Ditaprawira (Teknik Informatika 2009), Bayu Aji Mahendra Putra (Teknik Informatika 2010), dan saya sendiri (Teknik Informatika 2010). Dengan kondisi di tengah-tengah minggu UAS, hanya 2 MSP yang bisa ikut training di Jogja, saya dan Aji. Dengan teman-teman MSP Surabaya dan Malang lainnya, kita meluncur langsung ke UKDW, Yogyakarta. Di sana kami bertemu teman-teman MSP dari regional lain, Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Suasana Pelatihan
Suasana Pelatihan
Dinner
Dinner
We Are MSP
We Are MSP !

Tertarik bergabung jadi MSP? Siapkan dirimu! 🙂

Iklan

3 thoughts on “Microsoft Student Partner

    Hani Rosdahlia said:
    5 Oktober 2012 pukul 17:44

    awesome fadli 😀
    anak MSP toh ternyata, dtunggu sharing ilmu2nya 🙂

    Fa Ramadhan said:
    23 Januari 2013 pukul 02:30

    boleh info dong caranya jadi msp? thanks 🙂

    Munawaroh said:
    23 Mei 2015 pukul 18:32

    Mantap sharingnya. Oya kira2 tau info lg ga kpn msp tahun ini dibuka? Soalnya saya ketinggalan info nih yang bulan maret lalu. Thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s