Retrospective Meeting – Scrum Series

Posted on

Semenjak bekerja di salah satu software development company, saya menemukan banyak ilmu & wawasan baru, khususnya yang digunakan pada software development. Selain hal-hal yang berbau teknikal, saya juga mendapat wawasan tentang manajemen perangkat lunak, salah satunya Scrum yang bisa dibaca di artikel saya sebelumnya. Ada banyak rangkaian meeting yang dilakukan pada Scrum, tetapi di sini saya akan fokus pada “Retrospective Meeting”.

Sprint Retrospective Meeting (Retro) merupakan meeting yang dilakukan oleh tim di akhir rangkaian meeting selesai dalam 1 sprint. Retro merupakan meeting yang digunakan oleh anggota tim untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja tim tanpa membahas tentang fungsional sistem maupun teknikal. Jadi, bisa diibaratkan Retro merupakan ajang “curhat” bagi tim demi performa yang lebih baik pada sprint selanjutnya.

Langkah awal adalah mengumpulkan anggota tim. Dalam suatu kasus anggota tim bisa saja berada di kota atau negara yang berbeda sehingga tidak mungkin dikumpulkan pada suatu ruangan. Salah satu langkah yang efektif adalah membentuk sebuah conference call (contoh: skype, lync) dan menggunakan tool Pointing Poker. Pada halaman pointing poker, pilih menu ‘Retro’.

Memulai Retro dengan Pointing Poker
Memulai Retro dengan Pointing Poker

Kemudian copy url (Contoh: https://www.pointingpoker.com/Retro/36341), dan bagikan kepada anggota tim yang lain untuk melakukan join. Perlu dicatat bahwa cukup 1 orang dalam tim yang membuat sebuah session pada pointing poker. Pastikan seluruh tim telah melakukan join pada session yang sama.

Retro Silent Writing
Retro – Silent Writing

Nah, kemudian berikan waktu 10 – 15 menit pada masing-masing anggota tim untuk menuliskan apa yang bisa mulai dilakukan, dihentikan, maupun apa saja yang dilanjutkan pada sprint selanjutnya (Start Doing, Stop Doing, Continue Doing). Fokuskanlah pada hal-hal yang berhubungan dengan kinerja tim (kebiasaan, komunikasi, rutinitas, dll), bukan yang berhubungan dengan hal teknis (pake framework apa, algoritma apa, dll).

Setelah 10 menit, lanjutkan dengan diskusi tentang catatan-catatan yang dibuat oleh masing-masing anggota tim. Tekan tombol “Review Mode” untuk melihat catatan-catatan yang dibuat oleh anggota tim yang lain.

Retro Review Mode, Start discuss
Retro Review Mode, Start discuss

Buka masing-masing catatan, dan berikan kesempatan pada anggota yang membuat catatan tersebut untuk menjelaskan dengan lebih lengkap. Setelah selesai, tandai catatan “Mark Read” dan lanjutkan dengan catatan selanjutnya.

Penjelasan masing-masing catatan
Penjelasan masing-masing catatan

Setelah semua catatan disampaikan, di akhir Retro, ambil kesimpulan apa saja actions yang akan dilakukan pada sprint yang akan datang. Semoga bermanfaat 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s