Tutup Buku Tahun 2014

Posted on

Bismillah, akhirnya kita telah sampai pada awal tahun 2015 Masehi yang bertepatan dengan tahun 1436 Hijriah. Akhirnya berakhir pula tahun 2014 dengan segala dinamikanya. Alhamdulillah di tahun 2015 ini saya menjalani kehidupan babak baru, kehidupan pasca kampus yang telah menanti tantangan dan dinamika hidup harus saya lewati. Alhamdulillah saya banyak belajar dari peristiwa-peristiwa di tahun 2014. Dimulai bulan Desember 2013 – Januari 2014 yang saya disibukkan dengan proyek bersama dosen pada sebuah instansi pemerintahan di Surabaya, kemudian pengerjaan Tugas Akhir pada awal bulan Februari – Mei 2014. Dilanjutkan dengan sidang akhir pada Juni 2014, dan kemudian wisuda pada bulan September 2014.

Sebenarnya selain untuk menambah pengalaman, mengerjakan proyek bersama dosen juga digunakan menjadi “lumbung rezeki” dalam rangka menopang pengerjaan Tugas Akhir. Padahal proposal telah diajukan pada bulan November 2013, dan pengerjaan baru dimulai bulan Februari 2014. Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir yang uang jajannya mulai dikurangi oleh orang tua, pengalaman ini sangatlah berharga, perjuangannya benar-benar terasa, bahkan sampai saat ini. :p

Saya teringat sekitar pertengahan bulan Februari 2014, di mana saya telah memulai pengerjaan Tugas Akhir, notebook yang menjadi “pensil” saya menghembuskan nafas terakhirnya. Padahal seperti yang telah diketahui bahwa notebook menjadi alat utama demi eksis di padatnya dinamika akademi yang seakan tiada habisnya :D. Dan akhirnya, saya mengakalinya dengan menggunakan komputer laboratorium dan rela menginap di sana hampir setiap harinya. Bahkan untuk pulang ke kos hanya digunakan untuk mandi pagi dan sore. 🙂

Perjuangan terbalas tuntas saat tiba waktunya untuk mempresentasikan karya saya di hadapan dosen penguji. Alhamdulillah, dari alokasikan waktu awal 1 jam, sesi presentasi dan tanya jawab dengan dosen hanya memakan waktu sekitar 15-20 menit :). Sujud syukur, alhamdulillah selama sidang banyak kemudahan yang menyertai.

Kawan Seperjuangan
Foto Bersama Kawan-kawan Seperjuangan, sesaat setelah menyelesaikan sidang

Akhirnya fase mahasiswa diakhiri dengan sesi wisuda yang takkan terlupakan.. Dan kemudian masing-masing dari kami melanjutkan fase hidup selanjutnya. Beberapa dari kami melanjutkan studi ke Inggris, Prancis, Belanda, Australia, Korea, maupun negeri lain yang menjadi impian masing-masing. Sementara saya? Selalu ada impian ke sana, tapi saya juga harus kembali pada realita~. Dengan bahasa inggris yang harus lebih banyak dipelajari, saya lebih memilih untuk menimba ilmu lebih sembari mencari rezeki :).

Foto terakhir bersama teman-teman TC 2010 :')
Selamat Wisuda Kawan… :’)

Sebenarnya ada cerita unik di balik prosesi wisuda. Sesaat seminggu sebelum wisuda, saya telah diterima sebagai Software Engineer di sebuah perusahaan IT yang terkemuka yang terletak di salah satu kota impian saya, Jogjakarta. Nah, karena saya belum bisa mengambil cuti, sementara wisuda dilaksanakan pada hari Sabtu, akhirnya perjalanan panjang via darat pun tak terelakkan, Jogja – Surabaya – Wonosobo – Jogja, yang dilakukan dari hari Jumat sore sampai Minggu sore :D.

Dan di fase selanjutnya, berbagai tantangan dan dinamika pasca kampus telah menanti. Dunia professional yang tidak serta-merta mematikan hasrat untuk terus berbagi.

Memulai karir menjadi Software Engineer
Memulai karir menjadi Software Engineer – Menemukan Kawan Baru

 

wonosobo muda
Bergerak lewat WonosoboMuda – Sebuah Kado Untuk Tanah Kelahiran

Akhirnya, manusia berencana, Allah-lah yang menentukan hasilnya. Dan tetap, masih ada segudang mimpi yang telah menanti kerja keras kita sebelum menjadi sebuah realita. 🙂

Tinggalkan Balasan

