Genymotion, The Faster Android Emulator

Posted on Updated on

Kali ini saya menulis beberapa hasil yang saya dapatkan dari aktivitas saya selama 2 hari ini. Jadi selama sebulan ini saya mengikuti training di perusahaan yang berlokasi di Yogyakarta. Di sini saya mendapatkan berbagai pengalaman baru, khususnya bagaimana caranya membuat sebuah perangkat lunak dengan baik dan benar, serta tentunya mengikuti kaidah-kaidah yang baku. Selama sebulan berkutat dengan teknologi .NET (khususnya ASP .NET MVC, Entity Framework, Reporting) tidak serta merta pada saat tahap On Job Training akan ditempatkan di .NET. Justru malah saya ditempatkan di divisi Mobile Programming (Android), hoho.

Bagi teman-teman yang terbiasa bekerja dengan Android SDK tentu sudah tahu bahwa emulator yang disediakan Android SDK sangat “lambat” saat digunakan untuk melakukan compile aplikasi. Nah, setelah berdiskusi dengan senior tentang keluh kesah seputar emulator, ternyata ada juga emulator Android yang cepat dan responsive saat digunakan. Emulator ini terkenal dengan nama Genymotion. Berbeda dengan emulator bawaan Android SDK, untuk menjalankan Genymotion dibutuhkan sebuah Virtual Machine (VM), VirtualBox. Genymotion dapat diunduh cuma-cuma di situs http://www.genymotion.com/.

Genymotion
Genymotion – screenshot diambil langsung dari http://www.genymotion.com/

Sebelum menggunakan Genymotion, kita diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Setelah selesai melakukan registrasi, kita dapat mengakses halaman download. Di sini tersedia pilihan untuk berbagai platform. Selain itu, tersedia juga Genymotion yang ditujukan untuk plugin Eclipse. Sayang untuk plugin Eclipse saat ini sudah tidak bisa digunakan. Oke, setelah selesai download, segera jalankan Genymotion sesuai dengan platform yang dipilih. Contoh di sini menggunakan Genymotion versi Windows. Setelah selesai menginstal, akan dihadapkan pada tampilan seperti ini (jangan lupa login terlebih dahulu. So, koneksi internet sangat dibutuhkan di sini).

Tampilan Genymotion
Tampilan Genymotion

Pada tampilan di atas, tersedia berbagai pilihan emulator device yang bisa digunakan. Tapi ingat, device-device ini harus diunduh terlebih dahulu. Sebenarnya masing-masing device ini merupakan emulator yang dijalankan pada VirtualBox. Untuk menambah device baru, bisa memilih menu Add untuk kemudian memilih emulator yang akan diunduh. Langkah berikutnya adalah menghubungkan Genymotion dengan Android SDK yang telah terintegrasi dengan Eclipse. Caranya pilih menu Settings kemudian pilih menu ADB. Pilih custom, kemudian cari direktori tempat Android SDK berada.

Genymotion - menambah emulator device
Genymotion – Menambah Emulator Device

 

genymotion - setting adb
Genymotion – Setting ADB

 

genymotion - starting emulator
Genymotion – Starting Emulator

 

genymotion - run from eclipse
Genymotion – run from Eclipse

 

genymotion - compile from eclipse
Genymotion – Running Success

Genymotion telah siap digunakan. Sebelum melakukan compile, pastikan emulator device telah berjalan. Dari project di Eclipse, run aplikasi seperti biasa, pilih Genymotion Emulator, dan aplikasi berhasil dijalankan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂

Iklan

3 thoughts on “Genymotion, The Faster Android Emulator

    perdanacahya said:
    29 Oktober 2014 pukul 21:43

    free?

    android said:
    14 Agustus 2015 pukul 10:10

    thanks, lebih cepat daripada emulatornya eclipse

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s