Tips – Produktif Dengan Jadwal Harian

Posted on Updated on

Apabila kamu diberikan pertanyaan gini, “Dalam 24 jam sehari 7 hari seminggu, kira-kira berapa alokasi waktu yang kamu gunakan untuk aktivitas produktif, hiburan, istirahat maupun aktifitas dadakan yang mungkin saja datang secara tiba-tiba?”. Padahal sudah menjadi rahasia umum, bahwa waktu yang diberikan untuk manusia itu sama-sama 24 jam dalam 1 hari. Tapi mengapa ada seseorang yang memiliki prestasi dan aktivitas beragam, dan ada pula seseorang yang biasa-biasa saja dalam menjalani kehidupan?

Tentunya teman-teman sekalian sudah tahu apa jawabannya, yaitu manajemen waktu. Iya, manajemen waktu merupakan salah satu skill yang harus dikuasai oleh setiap orang, baik itu pekerja, pengusaha, mahasiswa, bahkan pelajar sekalipun. Dengan manajemen waktu inilah seseorang dapat memanfaatkan setiap waktunya untuk beraktivitas yang memberikan added value pada dirinya maupun orang lain. Kemudian misal ada pertanyaan begini, “Mas, saya kan sibuk nih, mobilitas saya tinggi, jadwal padat, dan deadline pekerjaan mepet. Terus gimana dong saya bisa ngatur manajemen waktu saya agar ndak mubadzir dan tetap bermanfaat?“.

Tetapkan Tujuan
Tetapkan Tujuan Guys! – ilustrasi via http://www.usmansheikh.com/success-factors/being-productive-vs-being-busy

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu memanfaatkan smartphone sebagai pengingat aktivitas apa yang akan dilakukan. Smartphone? Iya, karena sebenarnya smartphone diciptakan untuk meningkatkan produktivitas, terlebih untuk orang-orang yang memiliki aktivitas dan mobilitas tinggi. Jadi bukan hanya digunakan untuk sosial media, game dan browsing aja lho ya. Di sini saya akan berbagi tips tentang kapan dan bagaimana melakukan manajemen aktivitas yang akan dilakukan sehingga waktu tidak terbuang percuma. Tetapi sebelumnya siapkan aplikasi sesuai dengan platform smartphone masing-masing. Bagi pengguna Windows Phone, sudah tersedia aplikasi Calendar, OneNote dan Office Mobile. Ini sebenarnya sudah cukup memadai, selain itu juga aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fasilitas sinkronisasi dengan Cloud Service dari Microsoft, OneDrive (dulu SkyDrive). Calendar juga telah memiliki sinkronisasi dengan akun Live/Hotmail. Jika masih belum cukup, pembaca bisa menambahkan aplikasi eksternal yang dapat didownload dengan mudah, seperti BlastNote, InNote, dan berbagai aplikasi sejenis.Sedangkan untuk pengguna Android, aplikasi yang disediakan pada smartphone bergantung dari vendor masing-masing. Saran saya, lebih baik mendownload aplikasi eksternal yang memiliki sinkronisasi lebih baik seperti Google Calendar, Evernote, dan Any Do.

Setelah aplikasi telah terinstal, coba lakukan tips-tips berikut :

  1. Pada malam hari sebelum tidur, rencanakan apa saja yang akan dilakukan keesokan harinya. Tuliskan semua aktivitas, dahulukan aktivitas yang menyangkut tanggung jawab dan amanah sesuai profesi masing-masing. Tentukan juga waktu aktivitas tersebut. Misalnya, mahasiswa kuliah A jam 8-10 pagi, kuliah B jam 11.30-13.30. Atau seorang pekerja memiliki waktu bekerja dari jam 8 – 4 sore. Tuliskan aktivitas-aktivitas tersebut di aplikasi yang memiliki fitur pengingat (reminder) dan UI (User Interface) seperti kalender. Karena ini akan membantu saat ingin mengetahui banyaknya aktivitas pada hari yang berbeda.
  2. Rencanakan aktivitas-aktivitas tambahan. Seperti hobi, organisasi, bersih-bersih rumah, dan sebagainya. Tentukan waktunya, dan sebisa mungkin hindari crash dengan aktivitas di poin 1. Tuliskan aktivitas-aktivitas ini di aplikasi yang sama.
  3. Tentukan apa yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu, misalnya 1 bulan. Misal dalam 1 bulan saya hafalan Al-Quran surat tertentu, ayatnya sekian. Atau dalam 2 minggu saya harus bisa menyelesaikan project A, dan mulai diuji pada minggu kesekian. Tuliskan target-target ini pada aplikasi note, seperti OneNote atau Evernote.
  4. Tentukan apa yang akan dicapai dalam 1 hari. Ini merupakan angsuran yang harus kita bayar jika ingin masih mencapai target pada poin 3. Jadi pastikan capaian harian dan bulanan yang telah ditentukan sinkron ya. Karena jika dalam 1 hari target tidak tercapai, bisa molor dong. Tuliskan capaian harian ini pada aplikasi note.
  5. Sisipkan rencana capaian harian ini pada aplikasi kalender pada slot waktu kosong yang belum terisi aktivitas lain. Jika capaian tersebut ada kaitannya dengan pekerjaan, sisipkan pada jadwal aktivitas tanggung jawab sesuai dengan poin 1.
  6. Pasang alarm, pastikan tidak tidur terlalu malam agar dapat bangun pagi. Setting volume maksimal bagi pembaca yang sering merasa susah bangun. Jangan lupa berdoa sebelum tidur.
  7. Bangun pagi, segera solat subuh. Usahakan solat subuh berjamaah, kalau bisa di masjid. Nah, bagi para mahasiswa, disarankan untuk cari kos yang dekat masjid ya.
  8. Olahraga ringan. Pada hari-hari aktif (Senin-Jumat) sempatkan untuk berolahraga ringan, selama kurang lebih 15 menit. Pada weekend, sempatkan untuk berolahraga dengan intensitas sedang, seperti jogging jarak menengah, berenang, atau bersepeda. Aktivitas olahraga ini bisa berbeda antara 1 orang dengan yang lain. Jadi pastikan kita bisa mengetahui kebutuhan masing-masing.
  9. Lakukan sekarang guys. Untuk menjadikan aktivitas menjadi sebuah kebiasaan, paling tidak kita harus sedikit “memaksanya” selama 1 bulan.
Segera Realisasikan!
Segera Realisasikan! – ilustrasi via http://www.checkaction.com/blog/top-5-ways-to-be-productive/

Memang butuh perjuangan untuk menjadi pribadi yang dapat selalu bermanfaat dan memanfaatkan waktu dengan efektif-efisien. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? šŸ˜‰

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s