Konversi Tapma ke Taplus Muda

Posted on Updated on

Hai guys, punya buku tabungan di BNI? Kalau iya, tipe rekening apa yang pembaca miliki? Tapma (Tabungan Plus Mahasiswa), Taplus Muda, atau Taplus Biasa (Reguler). Nah, kali ini saya akan cerita tentang bagaimana cara mengubah tipe tabungan di BNI tetapi dengan nomor rekening yang sama. Latar belakang kenapa saya harus melakukan pengubahan tabungan ini dikarenakan status saya yang sebentar lagi sudah bukan lagi mahasiswa. Sedangkan tipe tabungan saya yaitu Tapma, tabungan khusus untuk mahasiswa, yang memang dikenal dengan biaya administrasinya yang lebih rendah dibandingkan tipe tabungan yang lainnya. Setelah berdiskusi dengan Customer Service, saya mendapatkan informasi bahwa Taplus Muda ditujukan untuk individu dengan umur maksimal 25 tahun, setelah itu mau tidak mau harus dikonversi lagi menjadi Taplus Reguler. Biaya administrasinya juga berbeda. Untuk Taplus Muda, dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.000,- sedangkan untuk Taplus Reguler sebesar Rp 12.000,- setiap bulannya. Karena sebentar lagi saya wisuda dan otomatis saya kehilangan status mahasiswa, saya lebih memilih Taplus Muda, apalagi fasilitas yang ditawarkan keduanya cenderung sama. Lumayan menghemat Rp 84.000,- per tahun hanya untuk biaya administrasi.

Customer Service
Ilustrasi Customer Service – diambil dari http://www.gbgindonesia.com/en/finance/directory/bni_syariah/products/additional_services.php

Cara untuk mengubah status tabungan dengan nomor rekening tetap cukup mudah. Karena status tabungan masih Tapma, proses konversi harus dilakukan di BNI cabang kampus tertentu tempat di mana nomor rekening tabungan terdaftar. Segera ambil nomor antrian pada CSO (Customer Service Officer). Yang perlu dipersiapkan yaitu KTP, buku tabungan yang lama, kartu ATM (apabila ada), dan uang Rp 6.000,- sebagai pengganti materai. Setelah itu CS (Customer Service) akan memberikan beberapa formulir untuk diisi secara lengkap. Sebelum menandatangi, sebaiknya baca secara seksama terlebih dahulu pernyataan terkait peraturan pada status tabungan yang baru. Kemudian kita diberikan pilihan, apakah akan membuat kartu ATM dengan penanda nama kita atau tanpa nama. Jika memilih kartu ATM dengan penanda nama, kita diharuskan menunggu selama 2 minggu. Jika sebaliknya, kartu ATM akan diproses saat itu juga. Kemudian CS akan menginstruksikan untuk mengisikan PIN yang akan ditanamkan pada ATM yang baru. Kita dapat memilih apakah PIN ATM sama atau berbeda dengan nomor PIN saat ini. Jika segala kelengkapan terpenuhi, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses konversi ini memakan waktu sekitar 15 menit, cukup singkat bukan.

ATM dan Buku
ATM dan Buku Taplus Muda

 

Iklan

4 thoughts on “Konversi Tapma ke Taplus Muda

    dadan hamdani said:
    30 November 2016 pukul 18:09

    Kalau bni taplus muda tidak dikonversi ke bni taplus biasa gimana…kalau usia sudah lewat 25 tahun?

    Ilham said:
    22 Januari 2017 pukul 12:36

    Kok ada buku tabungannya ya? Saya gak dapet buku tabungan bni taplus muda

      Wahyu Prabawa said:
      16 Maret 2017 pukul 12:08

      Saya dapat buku tabungannya kok

    Rohim said:
    10 Agustus 2017 pukul 16:22

    Saya sudah coba, tapi diminta surat keterangan lulus mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s