Mengakses Webcam dengan Easy Web

Posted on

Webcam in Action!
Webcam in Action!

EasyWebcam Library merupakan salah satu library yang digunakan untuk membangun aplikasi yang memiliki kemampuan untuk mengakses webcam. Library ini digunakan untuk membangun aplikasi pada platform .NET, dengan C# sebagai bahasa pemrogramannya. Ada banyak fitur yang disupport oleh library ini, antara lain pengubahan resolusi video, flip, rotate, dan fitur lainnya. EasyWebcam Library beserta dokumentasinya bisa dapat dibaca di http://easywebcam.codeplex.com/.

Kali ini saya akan mencoba untuk menggunakan library ini untuk membuat aplikasi webcam sederhana. Idenya adalah aplikasi ini dapat menangkap video melalui webcam untuk kemudian ditampilkan pada layar. Video ini dapat di-capture untuk kemudian disimpan menjadi sebuah file gambar. File gambar yang dihasilkan berupa format JPG. Tetapi program ini dapat dimodifikasi sehingga dapat menyimpan image dengan format yang lain. Di akhir artikel sudah saya sertakan file project, tapi alangkah baiknya kita memahami struktur program terlebih dahulu.

Tool yang kita gunakan adalah Visual Studio 2010. Langkah pertama adalah membuat sebuah WPF Application baru. Buat sebuah file baru bernama Helper.cs. File Helper.cs digunakan untuk menyimpan method-method yang digunakan untuk melakukan load image yang berupa bitmap untuk kemudian ditampilkan pada form. Ada 2 method dalam file ini, yaitu LoadBitmap() yang mengembalikan variabel bertipe BitmapSource dan method SaveImageCapture() yang digunakan untuk melakukan penyimpanan image ke dalam image tertentu. Setelah itu buat sebuah file bernama WebCam.cs. File ini memiliki beberapa method, yaitu InitializeWebCam(), Webcam_ImageCaptured(), Start(), Stop(), Continue(), ResolutionSetting(), dan AdvanceSetting().

Method InitializeWebCam() digunakan untuk menghubungkan elemen pada form agar bisa menangkap image yang didapatkan dari Webcam. Konsep dasar video yang didapatkan dari webcam sebenarnya merupakan gambar yang ditangkap pada kecepatan tertentu. Gambar di sini dinamakan frame. Normalnya, webcam menangkap frame setiap 30 miliseconds. Frame inilah yang kemudian ditampilkan pada elemen form untuk kemudian diupdate secara berkala tergantung interval waktu penangkapan image. Makin tinggi intervalnya, makin kasar video yang dihasilkan. Demikian sebaliknya, semakin kecil interval, semakin halus video yang dihasilkan. Ini dikarenakan semakin detail gerakan yang ditangkap oleh webcam.

Method Webcam_ImageCaptured digunakan untuk menangkap bitmap dari webcam. Method ini dipanggil oleh InitializeWebCam() sesuai dengan interval yang telah ditentukan. Sedangkan method Start(), Pause(), dan Continue() digunakan untuk mengatur mulainya atau menghentikan webcam. Method ResolutionSetting() dan AdvanceSetting() digunakan mengatur source webcam, biasanya terjadi pada PC yang memiliki lebih dari 1 driver webcam. Hasil aplikasinya adalah sebagai berikut.

Tampilan Webcam Capture
Tampilan Awal Webcam Capture
Memilih Video Source
Memilih Video Source
Image yang telah disimpan
Image yang telah disimpan

File project aplikasi dapat diunduh di https://copy.com/GrbUgxNXaoQE. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s