Tips Mendapatkan Kerja Praktek Impian

Posted on Updated on

Laporan Hasil Kerja Praktek
Done! Finally! Laporan Hasil Kerja Praktek

Bagi teman-teman mahasiswa, kerja praktek (KP) menjadi salah satu tahapan penting saat menjalani masa transisi awal dari mahasiswa menjadi seorang profesional, baik menjadi karyawan di sebuah perusahaan maupun merintis usaha dari awal. Kerja praktek memberikan pengalaman nyata bagaimana rasanya langsung terjun di industri dan mengerjakan tugas-tugas tertentu yang diberikan oleh perusahaan. Pada jenjang S1 biasanya kerja praktek dilaksanakan pada tahun ke 3 semester genap, setelah mahasiswa telah melampaui jumlah SKS tertentu yang sudah ditetapkan oleh kampus. Pengalaman yang didapatkan tentu berbeda antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya, tergantung di mana kerja praktek dilaksanakan.

Sama seperti saat memilih tempat kuliah, memilih tempat kerja praktek sedikit banyak juga memberikan pengaruh saat memilih karir impian. Karena di tempat kerja kita dapat mengetahui kondisi langsung di lapangan. Untuk itu, kali ini saya ingin berbagi tips untuk mendapatkan kerja praktek impian, agar kita dapat bekerja dengan ikhlas dan berkontribusi dengan maksimal.

  1. Buat daftar awal perusahaan yang dapat dijadikan tempat KP. Brainstorming, tuliskan sebanyak mungkin dengan dikategorikan pada masing-masing kota.
  2. Setelah daftar perusahaan selesai, pisahkan menjadi kategori tertentu. Misalnya BUMN, Swasta, dan bidang perusahaan.
  3. Samakan dengan jurusan yang teman-teman ambil, minimal yang mendekati. Tidak lucu apabila kerja praktek di perusahaan dengan kualifikasi keilmuan yang berbeda jauh.
  4. Pilih beberapa perusahaan yang diminati. Untuk itu kita harus mengetahui profil perusahaan terlebih dahulu. Cari informasi mengenai perusahaan melalui internet.
  5. Cari nomor customer service / HRD / SDM dari perusahaan. Ini akan membantu dalam langkah awal penjajakan pengajuan proposal kerja praktek.
  6. Apabila memiliki saudara yang telah bekerja, cari tahu apakah perusahaannya menerima kerja praktek.

Sampai tahap ini minimal kita telah mendapatkan informasi awal dari perusahaan yang kita minati. Tahap berikutnya adalah pengajuan proposal. Tapi sebelum itu kita harus memastikan bahwa perusahaan tersebut menerima mahasiswa untuk KP. Salah satu caranya adalah lewat customer service. Cara ini sudah saya praktekkan, dan it’s work!

Pertama adalah menelepon langsung customer service perusahaan. Perlu diperhatikan bahwa kita harus menjadi bahasa dan intonasi saat telepon. Gunakan tata krama yang baik. Pastikan lawan bicara kita dapat menangkap kesimpulan bahwa kita sopan, ramah, dan aktif. Perkenalkan terlebih dahulu identitas kita secukupnya, dari kampus mana, jurusan apa, dan kota mana. Setelah itu tanyakan apakah perusahaan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk kerja praktek atau magang. Tanyakan bagaimana prosedurnya, apa saja syarat-syaratnya, bagaimana alur administrasinya. Apabila customer service kurang tahu tentang KP, tanyakan bisa menghubungi siapa untuk menanyakan prosedur KP lebih lanjut. Apabila beruntung, kita akan dihubungkan langsung dengan manager HRD / SDM yang langsung mengurus KP di perusahaan (yang ini saya sudah pengalaman). Yang paling penting adalah kesopanan kita dalam bertelepon.

Setelah mendapatkan informasi prosedur, kejar langsung dengan segera membuat proposal KP. Apabila masih bingung, tanyakan ke senior apakah masih punya template KP yang dulu, tanyakan ke dosen bagaimana alur administrasi pengajuan KP di kampus, lengkapi CV, dan buat proposal sebagus mungkin. Ini merupakan senjata utama kita ke perusahaan yang kita minati, logis karena kita tidak langsung bertatap muka dengan perusahaan.

Kirim proposal lewat pos atau email. Jika menggunakan pos, segera follow-up dengan cara menanyakan kembali ke customer service. Ini penting agar proposal kita langsung dapat diproses. Tanyakan kapan kira-kira hasil pengajuan proposal diumumkan. Jangan lupa juga meminta alamat email dari bagian HRD. Selain konfirmasi melalui pos, disarankan juga melakukan konfirmasi melalui email ke bagian HRD perusahaan. Dengan cara seperti ini, proposal kita dapat langsung diurus tanpa membutuhkan banyak waktu.

Dan akhirnya, semoga dapat membantu. Selamat berjuang! 🙂

Iklan

2 thoughts on “Tips Mendapatkan Kerja Praktek Impian

    singgih saputra said:
    4 April 2014 pukul 12:02

    permisi .. mas master bagi modulnya dong…
    modul Spring , hibernate J2EE java dasar
    dan Spring hibernate J2se java dasar …
    karna saya masih pemula spring , hibernate
    saya galau nih 😀
    saya kuliah di swasta di kota surabaya… saya kuliah disini tidak diajari spring, hibernate
    hanya diajari konsep MVC
    mohon bantuannya mas master…

    terimakasih…..

    […] Sumber Sumber […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s