Audio Recorder & Player Menggunakan NAudio

Posted on Updated on

Audio Recorder Player

NAudio merupakan sebuah library open source yang dapat digunakan untuk membangun sebuah aplikasi yang memungkinkan kita dapat memanipulasi file-file audio. NAudio ini merupakan salah satu library dalam lingkungan pengembangan berbasis .NET Framework dan MIDI Library. NAudio memungkinkan developer untuk membangun aplikasi audio dengan relatif cepat. Adapun fitur-fitur yang bisa didapatkan dengan menggunakan library NAudio :

  • Play back audio using a variety of APIsDecompress audio from different Wave Formats
    • WaveOut
    • DirectSound
    • ASIO
    • WASAPI (Windows Vista and above)
  • Record audio using WaveIn, WASAPI or ASIO
  • Read and Write standard .WAV files
  • Mix and manipulate audio streams using a 32 bit floating mixing engine
  • Extensive support for reading and writing MIDI files
  • Full MIDI event model
  • Basic support for Windows Mixer APIs
  • A collection of useful Windows Forms Controls
  • Some basic audio effects, including a compressor

Dengan fitur yang sedemikian banyak, kita hanya tinggal memoles ide aplikasi yang akan dibuat untuk kemudian langsung mengeksekusi menggunakan NAudio. Untuk mengetahui dan mengunduh versi terbaru dari library ini, bisa didapatkan di http://naudio.codeplex.com/.

Kali ini saya akan membagikan salah satu aplikasi berbasis .NET Windows Form yang dibuat menggunakan library NAudio. Aplikasi ini digunakan untuk merekam suara dari microphone yang sudah ditancapkan pada komputer untuk kemudian kita dapat menjalankan (play) hasil audio yang sudah disimpan pada sebuah file dengan ekstensi .wav. Untuk merealisasikannya, kita mulai membuat sebuah form sederhana yang di dalamnya terdapat 1 komponen ListView dengan nama sourceList dan 6 komponen Button dengan nama btnRefresh, btnToWave, btnStop, . btnOpen, btnPause, dan btnExit. Susun komponen-komponen yang ada sehingga tampilannya tampak seperti ini. Untuk meratakan layout, dapat juga menggunakan komponen SplitContainer yang akan memisahkan layout menjadi 2 bagian.

Layout Apps
Layout Apps

Sebelum mulai coding, tambahkan terlebih dulu referensi DLL library NAudio dengan cara klik kanan pada Solution Explorer –  Add Reference, pilih tab Browse dan arahkan ke tempat di mana file NAudio.dll berada. Setelah library berhasil ditambahkan, NAudio bisa dipanggil dengan menggunakan using NAudio.Wave.

Saat aplikasi dijalankan, hal yang pertama kali dilakukan adalah mendeteksi adanya microphone yang sudah ditancapkan pada PC/notebook. Pilih microphone yang akan digunakan, kemudian tekan tombol To .wav untuk menyimpan file hasil rekaman. Aplikasi akan mulai merekam suara dari microphone untuk kemudian disimpan dalam file. Jika sudah selesai, tekan tombol Stop. Untuk melakukan testing hasil rekaman yang disimpan, tekan tombol Open File. Di sini saya sudah menambahkan fasilitas Pause/Play.

Aplikasi Dijalankan
Aplikasi Dijalankan

File project lengkap dapat diperoleh di sini. Semoga bermanfaat 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s