Repertoar Gerakan Mahasiswa

Posted on

Repertoar Gerakan Mahasiswa, ini merupakan salah satu judul buku yang saya dapatkan ketika masih berada di Bandung bulan Juli lalu. Sudah jadi kebiasaan bila datang ke sebuah kota saya berusaha menyempatkan diri untuk mencari buku yang mungkin saya tidak ditemui di kota lain. Buku ini saya dapatkan ketika saya berkunjung ke Tokema ITB, toko yang menjual souvenir khas ITB. Niat awal saya sih membelikan oleh-oleh untuk adik saya yang saat ini sudah duduk di kelas 3 SMA, dan sekarang ini sedang menggebu-nggebu ingin masuk ke ITB. Nah sebagai kakak yang baik sudah sepantasnya mendukung penuh, salah satu caranya adalah membeli jaket yang ada embel-embel ITB-nya, biar tambah semangat dan semakin termotivasi untuk belajar 😀

Nah, sesaat akan keluar Tokema setelah selesai belanja, saya melihat-lihat rak buku di dekat pintu. Ternyata Tokema ITB juga menjual beberapa buku-buku, salah satunya buku yang saya beli ini. Dengan warna hijau pekat, mengundang saya untuk melihat, mengamati, memandang, membaca daftar isi, membaca beberapa isi buku, sampai akhirnya memutuskan untuk membeli. Buku repertoar ini merupakan kumpulan kajian yang dilakukan oleh teman-teman aktivis ITB. Isinya sangat beragam. Ada 15 bab yang mengupas seputar permasalahan bangsa ini dan kritisinya. Tentunya dengan gaya bahasa yang renyah dan mudah untuk dipahami. Apa saja ke-15 bab yang dikupas? ini dia.

  1. Kaji
  2. Mencari Pengemudi AutoDriven Industri Kecil Indonesia
  3. Apa Kabar Industri Nasional Kita?
  4. Pangan Indonesia: Kondisi yang tidak seindah potensi
  5. Masyarakat Inferior Indonesia
  6. Migas Kita, Migas yang Mana?
  7. Ketahanan Energi atau Preservasi Lingkungan : Haruskah Memilih?
  8. Aktivis kok Ngerorok!
  9. (Tanah) Rakyat Mana yang Dibela?
  10. Negara dan Kemiskinan Rakyatnya
  11. Kembalikan Pancasila, Roh Pendidikan Indonesia
  12. Jalan Panjang Payung Hukum Pendidikan Tinggi
  13. Konstitusi : Sejarah, Perubahan, dan Kepedulian Kita
  14. Kembali Berbahasa
  15. Gerakan Mahasiswa Hari Ini

Di dalamnya juga terdapat beberapa quote inspiratif dari tokoh-tokoh pendahulu kita, antara lain Patih Gajah Mada, Moh. Hatta, dan yang lainnya. Di antara quote tersebut ada yang menggunakan Bahasa Sanksekerta (mirip Bahasa Jawa) tapi saya ndak mudeng 😀

Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukti palapa sira Gajah Mada : Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa,  lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, sama ingsun amukti palapa (Gajah Mada)

Agar perut rakyat terisi, kedaulatan rakyat perlu ditegakkan. Rakyat hampir selalu lapan bukan karena panen buruk atau alam miskin, melainkan karena rakyat tidak berdaya. (Moh. Hatta)

Kalau mati, dengan berani; kalau hidup, dengan berani. Kalau keberanian tidak ada, itulah sebabnya setiap bangsa asing bisa jajah kita. (Pramoedya Ananta Toer)

Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenak obyeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung. (Soe Hok Gie)

dan masih banyak quote inspiratif dari tokoh-tokoh yang lain. Seperti inilah penampakan buku ini.

Cover Depan Buku Repertoar Gerakan Mahasiswa (Yang Hijau)
Cover Depan Buku Repertoar Gerakan Mahasiswa (Yang Hijau)

Aktivis Kok Ngerokok! Salah satu materi favorit saya di buku ini
Aktivis Kok Ngerokok! Salah satu materi favorit saya di buku ini

Harga buku ini cukup murah, saya hanya membayar Rp 20.000 untuk bisa membawa pulang buku ini dari Tokema. Bagi pembaca jika datang ke Bandung tidak ada salahnya bila menyempatkan untuk mampir dan membeli oleh-oleh unik khas ITB. Sekian, semoga menginspirasi 🙂

Tinggalkan Balasan

