Dynamic Dashboard Customer Access

Posted on

Kali ini saya ingin bercerita tentang apa yang sudah didapatkan selama menjalani kerja praktek di Bandung selama 1 bulan 1 minggu selama Bulan Juli-Agustus kemarin. Kenapa baru sekarang? Karena setelah kerja praktek berakhir saya melanjutkan perjalanan ke Wonosobo (kampung halaman) untuk beristirahat dari segala kesibukan dan menghabiskan waktu full untuk bapak,ibu, dan adik-adik. Baru setelah seminggu setelah lebaran saya berangkat lagi ke Surabaya untuk kemudian memulai lagi berbagai aktivitas.

Selama menjalani kerja praktek, saya mendapatkan arahan dan bimbingan dari salah seorang Network Engineer Telkom R&D Center, Bapak Sri Ponco Kisworo. Pak Ponco ini merupakan seorang engineer yang memiliki dedikasi tinggi dalam mengembangkan teknologi di Indonesia. Dengan berbagai kompetensi yang dimiliki, pembimbing saya bahkan sempat mengisi sebuah forum TMN internasional, informasinya bisa didapatkan di sini.

TM Forum Speaker
TM Forum Speaker

Judul di atas bila dibahasa indonesiakan berarti “Dashboard Dinamis Akses Pelanggan”. Dynamic Dashboad Customer Access (DDCA) merupakan hasil pekerjaan saya selama di Bandung. DDCA adalah bagian dari sebuah project besar Telkom R&D Center yang berfungsi untuk melakukan monitoring performa layanan yang diberikan kepada pelanggan Telkom. Tool ini merupakan bagian front-end dari project yang lebih besar. Walaupun “hanya” bagian front-end, kompleksitas tool sudah mendekati kompleksitas yang lumayan. DDCA dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP sebagai server-side dan jQuery sebagai ujung tombak interaktivitas client-side.

DDCA memiliki fungsi untuk melakukan memonitor traffic multiple data menggunakan media web secara interaktif. Kelebihan dari DDCA ini, dapat menyerupai layar multifungsi yang dapat melihat perkembangan data secara realtime. Customer dapat memantau layanan yang diberikan oleh Telkom secara interaktif. Ini akan sangat membantu kinerja Telkom dalam memberikan pelayana maksimal dalam penggunanya. Tool yang saya buat ini masih bersifat prototype, jadi masih belum dapat diterapkan secara luas dan masih membutuhkan perbaikan di segala aspek.

Dynamic Dashboard Customer Access - Widget Management
Dynamic Dashboard Customer Access – Widget Management

 

Realtime Data on Chart
Realtime Data on Chart

 

Monitoring External URL - fadlikadn.wordpress.com via Tool
Monitoring External URL – fadlikadn.wordpress.com via Tool

 

Customize URL Creator
Customize URL Creator

Sekian, semoga menginspirasi untuk terus membangun negeri 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s