CalculatorMu! Android Version

Posted on

Alhamdulillah, akhirnya setelah hampir 1 bulan setelah Idul Fitri 1 Syawal 1434 H saya bisa ngeblog lagi. Karena masih dalam suasana lebaran (H +3 minggu,hehe), saya ucapkan Taqaballahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin, semoga kesalahan saya dan pembaca sekalian bisa diampuni Allah SWT, amin.. 🙂

Kali ini saya ingin membagikan aplikasi android pertama saya yang bernama CalculatorMu!. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini digunakan untuk membantu pengguna meningkatkan produktivitas dalam melakukan penghitungan, entah itu untuk menghitung harga barang dagangan di pasar, menghitung utang, atau bahkan untuk membantu adik saat ulangan dan mengerjakan PR. Yang pasti, aplikasi ini saya buat sendiri, orisinil, tentunya dengan bantuan beberapa referensi.

Pembuatan aplikasi ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap perancangan ilustrasi desain secara manual, tahap perancangan mockup menggunakan software, implementasi desain menggunakan XML, dan terakhir melakukan pengkodean menggunakan Java.

Tahap pertama, saya mendesain layout aplikasi secara manual menggunakan pensil di atas kertas

Mockup Manual
Mockup Manual

Tahap berikutnya adalah proses mockup menggunakan tool

Mockup Menggunakan Tool
Mockup Menggunakan Tool

Berikutnya, mengimplementasikan desain menggunakan XML. IDE Eclipse merupakan tool handal yang dapat digunakan. Setelah melakukan desain dan koding, testing dilakukan menggunakan emulator dan real device. Device yang saya gunakan dalam tahap testing adalah XPERIA Tipo.

CalculatorMu Screenshot Emulator
CalculatorMu Screenshot Emulator
CalculatorMu Screenshot RealDevice
CalculatorMu Screenshot RealDevice

Segera Unduh CalculatorMu! di sini. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

