Mudahnya Memindah Kontak Menggunakan Kies dan Nokia PC Suite

Posted on Updated on

Tulisan ini terinspirasi saat penulis ingin memindahkan kontak telepon yang ada di HP Samsung Champ ke Nokia Asha. Kebutuhan komunikasi yang semakin meningkat turut membuat kebutuhan perangkat komunikasi meningkat pula. Suatu ketika saya mendapatkan HP Nokia Asha 309 gratis dari sebuah kompetisi aplikasi nokia.

Setelah beberapa saat searching di internet, akhirnya saya menemukan tool yang dapat digunakan untuk memindah kontak dengan mudah antar handphone beda vendor yang cepat, mudah, dan langsung bisa memindah banyak kontak sekaligus. Dalam kasus ini saya ingin memindahkan kontak yang ada di HP Samsung Champ ke HP Nokia Asha 309.

Langkah pertama, download tool Samsung Kies di http://www.samsung.com/us/kies/ dan Nokia PC Suite di http://www.nokia.com/global/support/nokia-pc-suite/. Pastikan keduanya terinstal di PC. Setelah itu, buka hubungan handphone samsung dengan USB, dan search device melalui Samsung Kies.

Tampilan Awal Samsung Kies
Tampilan Awal Samsung Kies
Samsung Kies Daftar Kontak Blur
Samsung Kies Daftar Kontak Blur

Setelah itu, buka nomor kontak yang sudah terdaftar di handphone. Pilih opsi back-up ke dalam format kontak vCard kemudian simpan di hardisk. Format vCard merupakan format standar yang dapat digunakan untuk menyimpan kontak handphone yang nanti dapat digunakan oleh handphone yang memiliki format berbeda. Berikutnya buka Nokia PC Suite, dan kemudian hubungkan handphone nokia melalui USB. Tunggu sampai Nokia PC Suite berhasil mendeteksi handphone kita. Setelah handphone berhasil dideteksi, buka contact sehingga muncul jendela Nokia Communication Center. Buka menu File – Import, pada bagian files of type, pilih vCard (*.vcf). Pilih kontak yang ingin diimpor, dan kontak berhasil diimport pada handphone nokia kita.

Tampilan Awal Nokia PC Suite
Tampilan Awal Nokia PC Suite
Nokia PC Suite Daftar Kontak
Nokia PC Suite Daftar Kontak

Sekian, semoga menginspirasi 🙂

Iklan

One thought on “Mudahnya Memindah Kontak Menggunakan Kies dan Nokia PC Suite

    Baroto said:
    4 Januari 2016 pukul 23:13

    Terima kasih, artikelnya sangat membantu sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s