Business from the Start – Mario Teguh

Posted on

Start Running - Business from The Start

Bukan saatnya mahasiswa hanya menjadi penuntut perubahan, tetapi sekarang saat mahasiswa menjadi pencipta perubahan. Salah satunya adalah memulai berwirausaha, menciptakan perubahan untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, bukan hanya menjadi seorang peminta yang terlunta-lunta tanpa ada arah yang jelas. Semoga dengan artikel ini, teman-teman menjadi lebih semangat menjadi pencipta perubahan. Business from the Start – Mario Teguh, 20 Januari 2013

Bersemangat dan tidak membatasi upaya untuk memulai sebuah bisnis. Bukan besarnya akhir, tetapi semangat memulainya dari awal. Pemikiran yang dibutuhkan saat memulai bisnis mutlak dimulai dari perubahan mindset. Pelajaran pertama adalah membongkar dan mengabaikan larangan-larangan yang mungkin saja menghambat bisnis yang akan kita mulai. “You life for yourself”. Do what good for for you or you’re not good for everyone.

Dalam sebuah bisnis, mutlak diperlukan komunikasi antara pemimpin dan karyawannya. Pemimpin dapat diibaratkan sedang berdagang harapan. Harapan untuk menggapai kesuksesan. Ini penting untuk membentuk sebuah tim yang kokoh, solid, dan tangguh dalam menghadapi permasalahan yang sering muncul dalam perjalanan. Berdoalah kepada Tuhan, memohon dipertemukan dengan orang yang setia dan bekerja sama dengan pekerjaan kita. Kerja sama yang dibalut oleh persahabatan. Persahabatang yang kemudian menjadi bisnis lebih baik daripada persahabatan yang hadir karena bisnis. Dalam berbisnis, bukan finansial yang mencukupi yang menjadi parameter kesuksesan, tetapi sikap kitalah yang berpengaruh. Sikap yang menjadikan kita kaya, bukan hanya warisan berupa kekayaan.

“Bukan besarnya akhir, tetapi ikhlasnya memulai dari apapun yang bisa anda mulai”

Dalam berbisnis, prioritas utama bukan mencari uang, tetapi bekerja agar mampu dibayar tinggi. Berkualitas, dan berfokus agar menjadi pribadi yang bisa dibayar tinggi. Bukan mengeluh dan merasa tidak pantas. Perubahan mindset. Saat memulai berbisnis, tidak usah risau karena tingkat pendidikan rendah. Bukan itu yang penting, tetapi yang penting adalah membantuk orang lain dalam menggapai kesuksesan.

“Jadilah pribadi yang dibayar tinggi sehingga perusahaan yang anda wakili juga dihargai tinggi”

Ada banyak sekali ide-ide kreatif pada masing-masing individu, tetapi kenapa yang sukses tidak sebanyak yang memikirkannya? Ini berpengaruh pada mindset para individunya. Pribadi di balik ide itu yang memikirkannya. Focus on yourself, apapun idenya. Keberhasilan kreatifitas lebih berkenaan pada apa yang di luar kita agar bermanfaat bagi orang lain. Fokus dari kreatifitas ada pada manfaat yang bisa dirasakan oleh orang lain. Alamat yang paling penting pada kehidupan ini adalah kita. Mengamati ide orang lain, dan mengamati cara orang lain merealisasikan ide tersebut.

“Alamat yang paling penting dalam kehidupan ini adalah nama Anda. Jangan pernah lakukan apapun yang tidak menjadikan nama Anda lebih mahal”

Bagaimana kita menentukan standar kita agar pantas dan dibayar tinggi?

Strategi Harga. Strategi harga menempel pada anda, bukan apa yang anda kenakan. Bangunlah nama anda, dimulai dari apa yang anda kenakan. Pegang istilah “pengali”, “ada yang beli”. Yang membedakan kemampuan beli ada persaingan kelas. Mulailah dari yang kecil, mulai dari yang bisa kita lakukan. Kemudian menjadikan diri menjadi pribadi yang mahal harganya.

Bagaimana caranya seorang wirausahawan yang sukses? Kenapa kebanyakan orang-orang yang mengenyam pendidikan tinggi yang cenderung sukses?

Self induces limitation (batasan yang dibuat oleh diri sendiri). Izinkan kita yang melayani orang lain.

“Jadilah pribadi yang lebih mahal bukan dari yang Anda kenakan, melainkan membangun nilai di dalam nama Anda”

Anda tidak mungkin bersemangat tanpa adanya impian. Awal dari kegalauan adalah pemikiran impian. Apa yang harus dilakukan jika kita menawar impian. Harga itu harga anda. Jika bisa ditawar maka harga diri anda bisa ditawar. Ketegasan akan membuat kita dihormati akan kualitas kita.

“Jika anda bekerja dalam keraguan, tetaplah bekerja seperti anda tidak merasa ragu-ragu”

Bagaimana menyatukan visi membangkitkan semangat dalam tim agar bisa sukses bersama?

Berbisnis sebaiknya hati-hati apabila berkenaan dengan keluarga atau sahabat. Apabila ada pertengkaran dengan partner, bicaralah dengan tim.

Seberapa lamakah fase untung-rugi yang dihadapi dalam berbisnis. Ilmu apa yang dibutuhkan untuk melewati fase tersebut?

Orang sukses itu karena hampir jatuh, bukan yang istirahat karena lelah berusaha. Dapat dianalogikan seperti orang yang sedang berlari. Saat berlari, kita hampir jatuh tetapi semakin cepat. Ini dapat dianalogika saat kita merintis sebuah bisnis.

“Jadilah orang yang rendah hati, karena rezeki mengikuti orang yang baik”

Bagaimana sikap kita saat memulai sebuah bisnis?

Industrioussource of success adalah limitasi pada kemampuan sehingga orang lain meminta untuk meningkatkan kapasitas kita seiring dengan value yang meningkat.

Rahasia utama dari seluruh keberhasilan : KESEDIAAN MELAKUKAN 

Sebenarnya tidak ada impian terlalu tinggi, yang ada adalah upaya yang tidak cukup. Jadi business from the Start dari awal paling mudah adalah ikhlas pada hal-hal yang bisa dilakukan. Kesimpulannya, kita bekerja bukan untuk mencari uang, kita bekerja melakukan sesuatu yang menjadikan anda dibayar. Sedikit sekali orang di dalam karir dan pekerjaannya yang menilai dirinya dari yang dilakukannya, orang lebih memilih dari yang dibayarkan kepadanya. Tetapi orang yang bersedia melakukan yang menjadikannya dibayar termasuk dibayar mahal, secara otomatis dibayar mahal. Kalau kita baik sekali dan setia kepada perusahaan, anda akan diangkat menjadi partner.

Jangan halangi hak anda untuk menjadi pribadi yang anggun dalam kekayaan, lebih baik menjadi orang kaya yang bersyukur dan penderma. Daripada orang miskin yang menghujat kekayaan karena salah mengerti mengenai tugasnya sebagai pengangkat saudaranya yang kekurangan. Jadikan kita sebagaimana kita memimpikannya

Link Video : http://youtu.be/XspOBXBE_Ss

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s