Belajar Active Directory #Part1

Posted on

Saya mulai menyadari, bahwa di dunia teknologi seperti saat ini terjadi berbagai irisan dari berbagai bidang ilmu. Selama kuliah di kampus teknik seperti ITS sendiri, banyak terjadi fenomena ini. Mahasiswa-mahasiswa dengan bidang ilmu yang berbeda saling bertukar ilmu, karena memang satu bidang ilmu tidak bisa berdiri sendiri, tetapi saling bergantung satu sama lain. Nah ini juga berlaku di bidang keilmuan saya, informatika. Di kampus saya (red: Jurusan Teknik Informatika ITS) memiliki bidang minat yang harus dipilih oleh seorang mahasiswa ketika memasuki semester 6 (tahun ketiga). Ada tiga bidang peminatan yang berbeda, yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering), Komputasi Cerdas dan Visualisasi (Intelligence Business System), dan Network Centric Computing. Masing-masing bidang peminatan memiliki lingkup yang lebih spesifik, yang bisa dilihat dari mata kuliahnya. Walapun begitu, seorang mahasiwa bisa mengambil mata kuliah bidang peminatan lain, tentunya dengan beban SKS yang lebih sedikit dibandingkan mata kuliah bidang peminatannya.

Dengan berstatus sebagai mahasiswa semester 6, saya juga diharuskan memilih pilihan ini. Dan pilihan yang saya ambil adalah Software Engineering. Di bidang peminatan yang saya pilih ini, lebih difokuskan pada arsitektur perangkat lunak dan pengembangannya. Bidang peminatan Network Centric Computing berfokus pada arsitektur jaringan, sedangkan Intelligence Business System fokus pada optimasi dan rasa science-nya lebih kuat.

Kembali pada cerita awal, selain disibukkan dengan aktivitas kuliah, saya juga diamanahi menjadi administrator di Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak, lab yang dikhususkan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk mengerjakan tugas akhir. Nah, beberapa waktu yang lalu, ada kebijakan baru dari dosen selaku Kepala Lab untuk meningkatkan pelayanan baru pada para pengguna lab. Dan kebijakan ini mau tidak mau harus diterapkan dengan seefisien mungkin.

Kebijakannya seperti ini, dengan alokasi komputer yang serba terbatas, pada administrator diharapkan dapat melayani jumlah pengguna lab yang jumlahnya puluhan. Dan masing-masing pengguna tersebut harus dapat mengakses resource dan memiliki direktori masing-masing. Padahal kapasitas lab sendiri hanya belasan. Kira-kira apa solusinya?

Setelah mencari informasi dengan bertanya kepada senior dan googling, solusi yang bisa diterapkan adalah menggunakan Active Directory. Apa itu Active Directory? Berikut definisi Active Directory menurut Wikipedia

Active Directory (AD) is a directory service created by Microsoft for Windows Domain networks. It is included in most Windows Server operating system.

An AD domain controller authenticates and authorizes all users and computers in a Windows domain type network – assigning and enforcing security policies for all computers and installing or updating software.

Windows-Server-Active-Directory

Begini contoh penerapannya.

Misalkan ada sebuah jaringan komputer pada laboratorium yang terdiri dari sebuah server dan banyak client. Laboratorium memberlakukan aturan membership pada para pengguna lab, yang artinya hanya pengguna lab yang memiliki akses saja yang dapat melakukan login pada komputer-komputer di laboratorium. Pengguna lab dapat login di berbagai komputer hanya dengan 1 account. Kalau misalnya jumlah komputer client sedikit tentunya masih bisa ditangani dengan cara manual. Tetapi akan muncul sebuah masalah bila jumlah komputer client mencapai puluhan, bahkan ratusan. Tentunya akan menyulitkan teknisi dalam pengerjaannya, apalagi bila jumlah teknisi terbatas.

Di sinilah fungsi Active Directory. Dengan Active Directory, manajemen akses user pada sebuah jaringan hanya dilakukan pada server. Di server, dilakukan manajemen account, password, hak akses, dan manajemen direktori. Jadi administrator dapat dengan mudah membagi alokasi memori direktori yang diberikan pada masing-masing user, dan tidak harus melakukan setting satu per satu pada komputer client.

Fitur-fitur Active Directory
Fitur-fitur Active Directory

Untuk penjelasan secara teknis tentang Active Directory tidak akan dijelaskan di sini. Sudah ada banyak artikel yang membahas tutorial, tips, trik seputar Active Directory. Beberapa bahan yang dapat dijadikan referensi dapat diakses melalui link berikut :

Semoga bermanfaat 🙂

Contoh Penerapan Active Directory
Contoh Penerapan Active Directory
Iklan

4 thoughts on “Belajar Active Directory #Part1

    Abu Azzam said:
    27 April 2013 pukul 14:50

    Akhirnya dipost 🙂
    #IkutanBelajar

    fadhilah said:
    29 April 2013 pukul 03:48

    waa.. langsung update :))

    rendy arie said:
    22 Oktober 2013 pukul 14:02

    hai, artikel yang bagus, kebetulan saya ingin belajar AD,
    mas fadli, apa kaitan hubungan AD dengan WWF y?

    semakin saya ke WWF, kok saya semakin ngglambyar..
    hehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s