MultiSchool, Inovasi Penilaian Hasil Evaluasi Pendidikan

Posted on

Kali ini saya akan mereview salah satu “karya” yang saya kerjakan selama 2 bulan ke belakang dimulai dari Bulan November 2012 pertengahan sampai dengan Januari 2013 minggu pertama. Ini sebenarnya salah satu dari sekian banyak tugas yang saya kerjakan dalam rangka pemenuhan kewajiban tugas kuliah. Tapi dalam pengerjaannya, seluruh data dan analisa dilakukan dengan mengacu pada data yang nyata dengan mengambil sampel data di SMK 1 Wonosobo yang diambil dengan cara observasi data langsung pada guru saya di sana.

MultiSchool, sebuah solusi kreatif dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pengumpulan data nilai dari berbagai sekolah pada 1 portal di mana nantinya data-data ini menjadi indikator sistem dalam memonitor kinerja sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya. Sistem ini sangat bermanfaat pada tingkat daerah-daerah di mana akses geografis sulit ditempuh dan integrasi data sangat dibutuhkan untuk memantau kinerja sekolah-sekolah yang ada. Konsepnya adalah dengan cara membangun portal terpusat dan sekolah-sekolah yang ada dapat dengan mudah mengisikan hasil evaluasi anak didiknya pada portal tersebut.

Tampilan Masuk Ke Sistem MultiSchool
Tampilan Masuk Ke Sistem MultiSchool

Pada Sistem MultiSchool, akses dibedakan menjadi 4 pengguna, di mana masing-masing akses memiliki level yang berbeda. Level paling tinggi dimiliki oleh Super Administrator, kemudiaan diikuti level Sekolah, level Guru, dan yang paling rendah level Siswa. Level Super Administrator memilik hak akses penuh atas sistem SIMSchool. Pada skenario, level Super Administrator berada pada tingkat pemerintah daerah yang memegang akses penuh atas evaluasi pendidikan sekolah-sekolah yang berada pada cakupannya. Walaupun begitu, ada beberapa hak akses yang menjadi hak khusus dari level pengguna yang berbeda karena tanggung jawab dan kewajiban dari profesi di bawah wewenang pemerintah daerah. Level pengguna berikutnya adalah Level Sekolah. Pengguna dengan level sekolah memiliki tanggung jawab atas hasil penilaian yang dilakukan pada satu sekolah, di mana sekolah satu dengan yang lain memiliki hak akses yang berbeda. Hak akses pengguna level Sekolah memiliki cakupan yang lebih sempit dibandingkan dengan Level Super Administrator. Level berikutnya adalah pengguna Level Guru, yang bertanggung jawab pada pengisian hasil evaluasi siswa-siswa yang menjadi tanggung jawabnya. Dan level yang paling rendah adalah level Siswa, yang hanya bisa memantau hasil evaluasi belajar miliknya sendiri dan melihat pengumuman terbaru seputar akademiknya.

Tampilan Beranda SIMSchool
Tampilan Beranda SIMSchool

 

SIMSchool - Pemilihan Siswa Dilakukan Secara Interaktif
SIMSchool – Pemilihan Siswa Dilakukan Secara Interaktif

 

SIMSchool ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database utamanya. Pada pengerjaannya, SIMSchool menggunakan framework CodeIgniter sebagai kerangka utama untuk mempercepat proses pengerjaan dan implementasi arsitektur sistem MVC (Model – View – Controller) yang dapat memudahkan dalam maintenance sistem nantinya. SIMSchool juga menggunakan library-library terbaru dalam pembangunan fungsi-fungsi interaktif yang akan memudahkan pengguna dalam mempercepat proses kerja monitoring evaluasi pendidikan. SIMSchool sangat cocok diterapkan pada pemerintahan baik tingkat daerah maupun pusat, dan tentu saja dengan pengembangan lebih lanjut dan disesuaikan kondisi lapangan. Selain itu, SIMSchool dapat dengan mudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya dalam bidang perdagangan, dengan sistem SIMSchool yang telah dimodifikasi dapat mempermudah pengecekan stok dan harga barang dengan mudah oleh pemilik toko. Sang pemilik toko tidak perlu khawatir dibatasi jarak yang jauh, karena dapat dengan mudah dimonitor dari jarak jauh. Pengembangan ke depan akan dilakukan dengan menambah kompabilitas sistem menggunakan perangkat gadget seperti smartphone, sehingga pengguna dapat memantau kondisi yang ada dengan cepat, praktis dan tentunya tidak membutuhkan biaya besar walaupun dalam jarak geografis yang jauh. Jika tertarik untuk mengembangkan bersama-sama ataupun berdiskusi tentang aplikasi SIMSchool ini, dapat mengirim email ke fadlikadn@gmail.com. Semoga menginspirasi. 🙂

Iklan

3 thoughts on “MultiSchool, Inovasi Penilaian Hasil Evaluasi Pendidikan

    moslemmuda said:
    13 Februari 2013 pukul 16:00

    ini yang FP BDL ya?

    Mochamad Yusuf Romdoni said:
    9 Mei 2013 pukul 06:26

    Kang minta sourcenya dong buat belajar .. smg amal ibadah anda barokah dunia akherat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s