Penentuan Topik Tugas Akhir #Pikiran Mahasiswa Tengah – Akhir

Posted on Updated on

Spirit Tugas Akhir #BePrepare
Spirit Tugas Akhir #BePrepare

Pada liburan akhir semester 5 kali ini, saya berkesempatan pulang ke kampung halaman, Wonosobo – Jateng. Sesampainya di sana, saya menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan tetangga sekitar, baik Sholat berjamaah di masjid seperti biasa, menanyakan kabar dan situasi setempat, ataupun berbicara mengenai berbagai topik hangat tentang keadaan Wonosobo atau berbagi canda dengan santai walaupun dengan bapak-bapak yang anak-anaknya dulu juga teman sepermainan saya. Tidak terasa memang, umur sudah semakin tua, bapak-bapak yang dulunya segar bugar kini rambut putih mulai menghiasai kepala beliau, dan berbagai tanda lain yang menandakan sebentar lagi generasi seusia sayalah yang nantinya akan menggantikan bapak-bapak ini. Lucunya, sesampainya di rumah ibu bilang, “Fad, kok saiki tambah gendut yo..“. Bukan hanya ibu, adik-adik saya, om, bulek, tetangga, budhe, dan teman-teman saya juga mengatakan demikian. Entah kenapa, padahal di Surabaya saya sudah berusaha olahraga secara teratur walaupun seringkali olahraga yang saya lakukan hanya olahraga jari (baca: ngetik keyboard).

Benar juga, semenjak menjadi mahasiswa, saya merasa kehidupan saya berbeda. Jika dulu hari minggu adalah hari yang saya gunakan untuk melatih fisik saya, sekarang hari minggu adalah hari yang tidak berbeda dengan hari-hari yang lain. Entah saya gunakan untuk mengerjakan tugas, berorganisasi, ataupun istirahat karena tubuh yang lelah. Wajar saja kemudian orang-orang terdekat saya mengatakan bahwa saya semakin “gendut” walaupun masih dalam batas kewajaran.

Berbicara tentang mahasiswa, tidak terasa 1,5 tahun lagi saya akan menghadapi evaluasi akhir dalam karir akademis saya di tingkat sarjana. Para mahasiswa akhir akan disibukkan dengan pengerjaan tugas akhir, yang merupakan puncak dari hasil belajar selama 8 semester normal untuk tingkat sarjana dan 6 tahun untuk tingkat diploma. Bagi saya, tugas akhir haruslah sesuatu yang dapat saya banggakan dan tentunya bermanfaat langsung bagi lingkungan sekitar. Untuk itulah, selama di rumah pula, saya “kepikiran” tentang Tugas Akhir ini. Dalam Tugas Akhir tentunya saya harus memilih topik yang saya minati dan bisa saya kerjakan dengan maksimal. Ingat, sesuatu yang kita minati akan sedikit banyak berpengaruh pada kemampuan kita pada saat pengerjaan nantinya. Sesuatu yang kita kerjakan dengan cinta dan minat tinggi tentu berbeda hasilnya jika kita mengerjakannya dengan setengah hati. Maka dari itu, pemilihan topik Tugas Akhir pun harus tidak main-main, penuh dengan pertimbangan dan harus saya kuasai sedetil mungkin.

Maka dari itu, saya menyusun beberapa pertanyaan yang sekiranya dapat menjadi panduan saya dalam pemilihan topik Tugas Akhir yang akan saya ambil. Ada beberapa keuntungan jika kita mulai mencari topik Tugas Akhir sedini mungkin. Dengan topik yang sudah ditemukan, kita dapat memilih mata kuliah apa yang sekiranya mendukung dalam pengerjaan Tugas Akhir nanti. Jangan sampai mata kuliah yang diambil malah bertolak belakang dengan Tugas Akhir kita.

Oke, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sudah saya susun. Ada 12 pertanyaan, dengan tidak tertutup akan muncul pertanyaan lain seiring berjalannya waktu. Di sini saya mengambil contoh pengambilan topik Tugas Akhir yang sudah terbayang-bayang di pikiran saya. Saya terpikir untuk mengambil topik Tugas Akhir tentang “Data Spatial“. Pertanyaaannya begini :

  1. Apa itu Data Spatial?
  2. Bagaimana implementasi Data Spatial di kehidupan sehari-hari selama ini?
  3. Apa saja jenis Data Spatial yang ada?
  4. Apa saja tool yang bisa digunakan untuk pengembangan Data Spatial?
  5. Bagaimana prospek Data Spatial ke depan dengan melihat perkembangan yang ada di berbagai literatur dan media?
  6. Kebutuhan ilmu apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung Data Spatial? Database? Data Mining? atau yang lainnya?
  7. Bagaimana tingkat kesulitannya?
  8. Dari mana saja referensi yang bisa saya dapatkan? Buku? Hasil riset? Paper? Ataukah yang lain?
  9. Apakah ada senior yang pernah mengambil topik ini? Siapa? Sekarang dimana? Punya Nomor HPnya? Segera share dan minta pendapat ke beliau.
  10. Apakah ada orang yang berpengalaman di bidang Data Spatial? Apakah Dosen? Kalau dosen segera minta pendapat dan kalau setuju jadikan beliau sebagai dosen pembimbing.
  11. Apakah ada teman seangkatan yang mengambil topik sejenis? Kalau iya, segera rapatkan barisan, aja riset bareng, tentunya dengan judul masing-masing.
  12. Mau mulai kapan? Waktunya “cuma” 1 tahun lho.. Belum kesibukan yang lain juga kan.. (kerja sampingan, asisten, organisasi, kompetisi, sosialisasi, kuliah,dll)

Ingat, semakin detail kita mempersiapkan sesuatu, semakin percaya diri dan semakin siap kita dalam melakukannya. Dan tentu hal tersebut akan berpengaruh pada motivasi kita dalam pengerjaannya.. Semangat, bismillah.. 😀

Iklan

One thought on “Penentuan Topik Tugas Akhir #Pikiran Mahasiswa Tengah – Akhir

    eko said:
    1 Februari 2013 pukul 04:53

    wennakkk, wes enek judul topik TA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s