Proud? Pride? So What?

Posted on Updated on

Pernahkan teman-teman merasakan sebuah kebanggaan? Kebanggaan pada apa yang sudah kita dapatkan. Kebanggaan pada apa yang kita miliki dan tentunya, wajib kita syukuri.

Kenapa tiba-tiba saya menulis sebuah postingan tentang kebanggaan? Di sela-sela letih dan lelahnya mengerjakan tugas final project akhir semester 5, saya menyempatkan diri untuk menonton film yang sekiranya dapat memotivasi diri saya kembali. Setelah beberapa saat mencari film yang sudah saya arsip di hardisk eksternal, saya menemukan film yang saya rasa pas untuk saya tonton setelah selesai mengerjakan tugas. IP Man 2, 2010. Film ini merupakan film produksi China yang menceritakan tentang kehidupan seorang Master Kungfu, Yip Man, setelah pindah dari daerah asalnya menuju kota Hongkong bersama keluarganya. Di kota baru tersebut, Yip Man harus menerima dirinya dan keluarganya hidup dalam kondisi yang serba sederhana dengan mengontrak sebuah rumah, yang nantinya sekaligus dijadikan sebagai tempat berlatih pada muridnya.

Singkat cerita, Yipman menantang seorang petarung Inggris yang saat itu berada di China untuk bertanding free boxing pada sebuah arena. Free Boxing adalah salah satu olahraga “pertarungan” yang teknik para petarungnya boleh berbeda. Karena saya belum begitu mengerti aturan Free Boxing secara lengkap, tetapi setidaknya teman-teman sudah bisa membayangkan seperti apa Free Boxing itu.

Di sini saya tidak menceritakan kisah Master Yip (nama yang diberikan oleh murid-muridnya kepada Yip Man) sampai film berakhir. Yang saya dapatkan dari film ini adalah arti dari sebuah kebanggaan dan kehormatan. Master Yip merupakan salah seorang Master Kungfu China. Beliau rela menantang petarung dari Inggris yang saat itu secara terang-terangan melecehkan Kungfu China (di film ini disebutkan dengan istilah “China Martial Arts”). Master Yip ingin mempertahankan kehormatan Kungfu China agar tidak dilecehkan oleh bangsa lain. Point inilah yang ingin saya sampaikan lewat tulisan ini. Saya ingin menyampaikan kepada teman-teman pembaca untuk bangga terhadap diri kita, pada Bangsa Indonesia, dan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Seperti Master Yip yang berjuang demi tetap tegaknya Kungfu China, di sini kita generasi muda diingatkan kembali, bahwa kitalah generasi muda Indonesia yang akan melanjutkan pembangunan di masa depan. Masih banyak hal yang harus kita lakukan dan perbaiki. Dimulai dari karakter diri, lingkungan sekitar, dan kemudian bertahap secara “bottom-up” yang kemudian menjadi karakter bangsa. Ingat, bangsa ini tidak membutuhkan orang-orang yang dapat dengan tenang memikirkan dirinya sendiri, tetapi bangsa ini membutuhkan pemuda yang dengan tekun terus mengasah kemampuan dirinya, mencintai bidangnya untuk kemudian menggunakannya agama dan bangsanya.

Ingat teman, berjuanglah sesuai dengan keahlian yang ingin teman-teman minati.. Dan tentunya, lakukan dengan cinta, karena cinta merupakan ketulusan yang melandasi kita untuk melakukan sesuatu dengan segenap hati untuk mencapai tujuan yang diimpi-impikan.

KeepFight!!
KeepFight!!
Tinggalkan Balasan

