Gemastik V ITB 2012 Bidang Aplikasi

Posted on Updated on

Logo Gemastik V ITB
Logo Gemastik V ITB

Rangkaian kemeriahan Gemastik ITB berakhir pada tanggal 12 Oktober 2012 kemarin. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang pada tahun sebelumnya menjadi juara di Gemastik IV, kini harus puas menjadi juara 3 di bawah ITB dan UI yang menjadi juara 1 dan 2. Jujur saya salut dengan perjuangan teman-teman dari ITS. Walaupun tahun ini hanya menjadi juara 3, saya dapat merasakan perjuangan yang tak kenal letih dari teman-teman. Pada Gemastik 2012 kali ini saya akhirnya bisa berpartisipasi menjadi peserta, setelah 2 tahun sebelumnya disibukkan dengan kuliah dan kegiatan lain. Hasil dari Gemastik V ITB dapat didownload di Hasil Final Gemastik 2012 dan Perolehan Medali Gemastik 2012

Pada Gemastik kali ini, saya mengikuti kategori Pengembangan Aplikasi. Kategori Pengembangan Aplikasi merupakan salah satu kategori tersulit dan terkompleks dalam kompetisi Gemastik. Para peserta dituntut menciptakan aplikasi kreatif dan inovatif yang bisa menyelesaikan permasalahan, tentunya dengan tema yang diberikan oleh panitia. Tema Bidang Aplikasi tahun ini adalah “Pengembangan Aplikasi TIK untuk Kemandirian Bangsa”. Dengan platform yang tidak dibatasi, para peserta dibebaskan untuk mengembangkan idenya masing-masing.

Ide yang saya angkat bertema kebudayaan. Bersama teman tim Bondowoso, Firman Insan Muhammad dan Ekky Arya Sukarno Maulana, kami mengangkat aplikasi dengan judul “Rorojonggrang, Berbagi Lokasi Candi di Indonesia”. Aplikasi Rorojonggrang ini dibangun di atas platform android dengan Javascript sebagai bahasa pemrogramannnya. Mungkin teman-teman heran kenapa memakai Javascript untuk membangun aplikasi, bukan Java sebagai bahasa utama yang digunakan dalam platform Android. Javascript di sini bukanlah javascript pure, tetapi membutuhkan library lain yang dapat membuat javascript dapat digunakan pada mobile development. Kami menggunakan library PhoneGap sebagai akses portabilitas javascript agar bisa digunakan pada perangkat mobile dan jQuery UI sebagai library pembangun User Interface aplikasi.

Ada beberapa babak sebelum final dilangsungkan. Babak pertama adalah babak penyisihan proposal. Pada tahap ini, para peserta diharuskan membuat proposal ide aplikasi yang akan dibuat. Penilaian dilakukan dengan berdasarkan isi dari proposal dari para peserta. Dari sekian ratus tim yang mendaftar, tim kami berhasil lolos tahap penyisihan proposal yang hanya diambil 20 tim terbaik. Berikut kami sertakan gambaran umum dari proposal tim kami.

Proposal Aplikasi
Proposal Aplikasi

Tahap selanjutnya adalah tahap implementasi ide. Pada tahap ini, para peserta diharuskan mengimplementasikan gagasan yang sudah ditulis pada proposal menjadi aplikasi yang dapat digunakan dan tentunya bermanfaat. Tahap ini memakan waktu 2 minggu. Jika dilihat dari waktu yang hanya 2 minggu, diperlukan kerja keras dan komunikasi tim yang hebat untuk menyelesaikan aplikasi, apalagi jika aplikasi yang dibangun memiliki kompleksitas tinggi. Tim kami merasakan itu, dengan hanya berbekal proposal, seluruh anggota tim bekerja keras membangun aplikasi sampai deadline yang ditentukan. Cara lain yang dapat dilakukan agar dapat optimal pada tahap ini adalah mempersiapkan aplikasi jauh-jauh hari sebelum kompetisi Gemastik dimulai. Dengan begitu persiapan tim akan lebih matang. Karena selain harus mengumpulkan file aplikasi, tim juga harus membuat dokumentasi perancangan yang membutuhkan ketelitian tinggi dan video profile aplikasi. Pada tahap ini hanya akan dipilih 10 besar tim yang akan maju ke babak final di Bandung.

Video aplikasi kami.

Pada tahap ini, tim kami belum berkesempatan untuk tampil di babak final. Evaluasi pada gemastik kali ini, ada beberapa hal yang bisa diambil. Fokus, persiapan harus matang, komunikasi tim lancar, pembagian tugas jelas, proposal dan latar belakang kuat, segmentasi tujuan jelas, dan tentunya harus banyak berdoa agar dimudahkan dalam pelaksanaannya.. Tetap Semangat!! VIVAT!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s