Haluan Dasar PSDM MUBES IV ITS

Posted on Updated on

Ehm..saya akhir-akhir ini disibukkan dengan persiapan LKMM TM IV FTIF, di mana salah satu persyaratannya adalah membuat sebuah rangkuman tentang MUBES IV. LKMM TM (Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah) adalah salah satu rangkaian dari “LKMM The Series”, sebuah pelatihan kepemimpinan di lingkungan mahasiswa. LKMM TM yang saya ikuti setingkat fakultas, di mana para pesertanya tidak hanya berasal dari 1 jurusan. Di Fakultas FTIF (Fakultas Teknologi Informasi) sendiri, ada 2 jurusan yaitu jurusan Teknik Informatika (jurusan saya) dan Sistem Informasi. Alhamdulillah, walaupun saya banyak kegiatan lain yang menyita waktu, saya berhasil melengkapi berkas-berkas administrasi yang menurut saya cukup banyak. Saat ini tahap administrasi telah selesai dilakukan, selanjutnya adalah tes tulis yang akan diadakan pada hari Jumat, 13 April 2012. Semoga saya berhasil melewati tes berikutnya, amin.. 😀

Oke, di sini saya ingin berbagi tentang pengetahuan apa itu MUBES IV dan apa itu HD PSDM. MUBES IV dapat diibaratkan seperti UUD 1945  di negara Indonesia, jadi MUBES IV adalah konstitusi dasar yang diterapkan di lingkungan KM ITS (Keluarga Mahasiswa ITS). MUBES IV diterapkan dengan mengganti haluan dasar sebelumnya, MUBES III yang sudah hampir 10 tahun tidak dilakukan perubahan. Maka dari itu, MUBES IV menghadirkan angin segar bagi perubahan KM ITS.

Sedangkan HD PSDM adalah singkatan dari Haluan Dasar Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa. HD PSDM adalah sebuah dasar yang digunakan oleh seluruh elemen Keluarga Mahasiswa ITS dalam pengembangan sumber daya mahasiswa ITS, yang dimulai sejak menjadi mahasiswa baru. HD PSDM MUBES IV terdiri dari 4 BAB dan dipecah menjadi 17 pasal. Keempat BAB tersebut antara lain :

–          BAB I     KETENTUAN UMUM

–          BAB II    DASAR PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MAHASISWA

–          BAB III   POLA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MAHASISWA

–          BAB IV  PENCAPAIAN

Di bawah ini saya sudah membuat sebuah “mind map” untuk menggambarkan hal-hal yang ada di dalam HD PSDM. Asal tahu saja, mind map ini adalah salah satu persyaratan administrasi yang harus dipenuhi di seleksi awal LKMM TM IV FTIF kali ini, di samping essay dan video tentang integralistik FTIF. Mind map ini saya buat dengan menggunakan Xmind, sebuah software yang digunakan untuk membuat mind map dengan mudah dan interaktif.

HD PSDM MUBES IV ITS
HD PSDM MUBES IV ITS

Semoga dengan pemaparan ini, kita selaku generasi muda mampu memahami urgensitas pola pengembangan diri yang menentukan kualitas para penerus bangsa. 🙂

Tinggalkan Balasan

