Pola Pengembangan SDM Teknik Informatika ITS

Posted on

Mahasiswa sebagai salah satu elemen penggerak perubahan bangsa memiliki peran dan fungsi yang tidaklah ringan. Dengan kehidupannya yang dinamis, mahasiswa diharapkan mampu menjadi inisiator dan penggerak di tengah-tengah masyarakat nantinya. Untuk itu, seorang mahasiswa haruslah mengasah kemampuan dan kompetensinya sebelum terjun langsung nantinya. Dunia perguruan tinggi yang digunakan sebagai penempa mahasiswa berbeda antara 1 program studi dengan program studi yang lain. Karena saya berlatar belakang jurusan teknik informatika, saya hanya akan membahas pola pengembangan mahasiswa Teknik Informatika, khususnya di kampus saya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Di sini saya akan menampilkan “mind map” yang dibuat oleh senior saya mas Rahadian Dustrial Dewandono, Teknik Informatika angkatan 2008. “Mind map” masih perlu pengkajian dan revisi, walau begitu setidaknya sudah bisa memberikan gambaran pemetaan potensi yang sebenarnya bisa dimaksimalkan oleh mahasiswa Teknik Informatika ITS.

Dari keenam bidang, mungkin akan sulit jika seorang mahasiswa bisa mengambil semua porsi dalam waktu yang bersamaan. Tetapi, dengan manajemen waktu yang baik, seorang mahasiwa akan mampu dan bisa menyeimbangkan keenam bidang tersebut. Lagipula, itu merupakan tantangan dan sebagai media pembelajaran yang akan berguna bagi mahasiswa itu sendiri ke depannya.

Bagi temen-temen mahasiswa, mungkin “mindmap” ini bisa dijadikan bahan diskusi yang menarik bahkan menjadi renungan dan refleksi, untuk mengukur seberapa produktif kita selama ini menjadi mahasiswa. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s