Sistem Informasi Kejaksaan

Posted on Updated on

Screenshot SI Kejaksaan

Screenshot di atas merupakan halaman awal dari Sistem Informasi Kejaksaan yang saya buat 1,5 bulan yang lalu. Karena kesibukan kuliah yang begitu padat, baru sekarang bisa menampilkannya kepada pembaca. Sistem Informasi Kejaksaan merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendukung proses yang ada di lingkungan kejaksaan. Batasan-batasan pada aplikasi ini hanya untuk Kejaksaan Negeri 2, yaitu kejaksaan yang bertempat di masing-masing kota / kabupaten. Dan alhamdulillah, aplikasi ini sudah diterapkan di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Aplikasi ini berbasis web, yang menjadikan aplikasi ini bersifat fleksibel, bisa digunakan sebagai aplikasi stand-alone maupun digunakan di dalam jaringan. Aplikasi ini sangatlah ringan, dibuat menggunakan PHP dan MySQL yang terkenal karena kemudahan, light-weight, dan berlisensi open-source.

Sistem informasi kejaksaan mampu mengelola daftar tindak pidana yang ada, daftar tersangka, maupun berkas-berkas yang terlibat di dalam penyidikan tindak pidana seperti : RP-6, RP-7, RT-3, dan sebagainya. Semuanya bisa dengan mudah diorganisir tanpa harus mencari berkas di dalam gudang. Proses perekapan-pun bisa dilakukan dengan mudah. Semua ditangani dengan baik oleh adanya laporan secara bulanan maupun tahunan.

Berikut screenshot bagian-bagian yang ada di dalam aplikasi ini :

Daftar proses yang teridentifikasi
Manajemen Pengguna

Aplikasi ini juga bersifat multiuser, di mana lebih dari 1 pengguna bisa menggunakannya secara bersama-sama. Ini difasilitasi dengan baik oleh adanya manajemen pengguna yang masing-masing mempunyai password.

Nama lain aplikasi ini adalah “Dieng Cyber Smart Attorney System v1.0“.  Aplikasi ini beberapa saat yang lalu sempat saya ikutkan di kompetisi Indigo Fellowship 2011 walau hasilnya belum memuaskan. Ke depannya, aplikasi ini akan saya kembangkan lebih lanjut, terutama di sisi fungsionalitas dan interface.. Ternyata ilmu yang saya dapatkan di SMK dulu tidak sia-sia, dengan didukung pemahaman yang lebih mendalam di mata kuliah yang saya ambil semester ini. 🙂

Iklan

2 thoughts on “Sistem Informasi Kejaksaan

    Arief Hidayat said:
    19 November 2011 pukul 01:40

    Apa aplikasi tersebut bisa digunakan, jika:

    1). Dalam 1 Perkara terdapat Banyak jaksa (lebih dari 1 Jaksa)
    2). Dalam 1 Perkara ada Banyak tersangka/terdakwa

    qdaffyduff said:
    3 Januari 2015 pukul 19:37

    wih keren om,.. ada yang onlinenya gak om,.. pengen liat2 buat tugas kampus…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s