Leadership For Me

Posted on

Leadership for Me

Leadership… kepemimpinan..

Mungkin istilah ini cukup sering didengar. Memang kepemimpinan merupakan hal yang cukup biasa dalam kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh kegiatan atau aktivitas membutuhkan seorang pemimpin. Tapi apa arti sebenarnya arti kepemimpinan itu sendiri. Di sini saya ingin berbagi pendapat saya apa arti dan esensi kepemimpinan itu sendiri. Pengalaman menjadi seorang pemimpin turut memberikan inspirasi untuk terus menggoreskan rekaman jejak-jejak saya.

Pemimpin bukanlah atasan, pemimpin bukanlah orang yang paling pintar, paling kuat, paling cerdas. Tapi pemimpin adalah seseorang yang mampu mengkombinasikan semua potensi dalam tim untuk memenangkan pertandingan. Mungkin teman-teman di sini sudah cukup sering mendengar kata-kata tersebut. Di media, seminar motivasi, human resource development, dan sebagainya. Dulu, saya menganggapnya sebagai angin lalu. Teori hanyalah teori. Teori yang belum tentu kebenaran dan kepastiannya karena saya belum mengerti apa esensi yang sebenarnya terkandung di dalamnya. Padahal, kepemimpinan dilakukan setiap waktu, minimal memimpin diri sendiri. Memimpin ego dan nafsu diri agar bisa dimaksimalkan pada waktu yang tepat. Apalagi memimpin orang lain yang sudah tentu mempunyai karakter, watak, temperamental dan kepribadian satu dengan yang lain.

Saat duduk di posisi itu, saya sadar. Sebelum memimpin orang lain, saya harus bisa memimpin diri saya, menguasai ego saya. Cukup sulit memang, banyak sekali hal yang memang harus dikorbankan. Yang dulunya egois, cuek, kini sedikit β€œdipaksa” untuk memahami apa artinya kebersamaan, sosial, dan komunikasi dengan orang lain. Pemimpin adalah tonggak utama yang menentukan keberhasilan kerjasama tim. Tim yang solid, tim yang teguh, dan pantang menyerah dimulai dari pemimpinnya. Seorang pemimpin yang hanya berkeluh kesah dan menyerah pada keadaan akan berpengaruh ke sekitarnya. Ibaratnya, apa yang pemimpin pikirkan tentang timnya, ke mana dia membawa, di situ pula tim yang dipimpinnya akan terbentuk. Pemimpin yang terus-menerus kalah dengan keadaan akan membuat mental tim lemah, tak berdaya, dan tak berkarakter.

Janganlah kalah dengan keadaan, janganlah percaya pada pendapat orang lain sebelum membuktikannya. Putar balik keadaan walaupun kelihatannya tidak mungkin, berpikirlah bisa walau tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Berpikirlah mampu, karena di saat kita berada di bawah, di situlah sebenarnya kita sedang diuji. Untuk mencapai level yang lebih tinggi, terus bekerja keraslah, kerahkan sekuat tenaga, putar roda lebih keras, sampai roda dimana kita berada ada di atas kembali. Saat itu, barulah kita tersadar bahwa kita sudah mencapai level yang lebih tinggi, lebih tinggi dari sebelumnya yang mungkin kita rasa kita tidak dapat mencapainya. Jika ingin mencapai level yang belum pernah dicapai sebelumnya, beranilah mengambil resiko dengan mengambil keputusan yang belum pernah dilakukan sebelumnya..

Banyak motivasi yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan Motivasi Diri Sendiri. Di sini saya ingi berbagi tentang video yang mungkin bisa terus memotivasi tentang pentingnya seorang pemimpin dalam sebuah tim..

Semua kamu adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas kepemimpinannya. Seorang imam pemimpin dan bertanggung jawab atas rakyatnya. Seorang suami pemimpin dalam keluarganya dan bertanggung jawab atas kepemimpinannya. Seorang isteri pemimpin dan bertanggung jawab atas penggunaan harta suaminya. Seorang pelayan (karyawan) bertanggung jawab atas harta majikannya. Seorang anak bertanggung jawab atas penggunaan harta ayahnya. (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Iklan

2 thoughts on “Leadership For Me

    dekNada said:
    20 April 2011 pukul 09:15

    Papah Komtiiiiiing πŸ™‚
    berjuang yaaaaaa πŸ™‚ makasih uda jadi komting yang baik selama ini πŸ™‚

    Luluk eko said:
    27 April 2012 pukul 07:54

    Tetap semangat yaa Fadli πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s