Buat Apa Kuliah??

Posted on Updated on

Hmm…mungkin ini sering terpikir oleh temen2 yang mulai merasa jenuh, bosan dengan yang namanya kuliah.. aku juga pernah mengalami hal yang seperti ini.. Males ke kampus, males ngerjain tugas, pengennya nge-game terus, dan kegiatan lain yang berbau kemalesan. Jika itu yang sekarang temen2 rasakan, coba deh flash back sebentar. Coba inget2 waktu temen2 mendengar pengumuman penerimaan mahasiswa baru, apa yang temen2 rasakan?? Bangga, seneng, haru campur aduk jadi 1. Mau lewat jalur SNMPTN, PKM, atau apapun itu, coba renungkan sejenak. Pasti saat itu temen2 bertekad merubah sikap temen2 saat SLTA, lebih dewasa, jujur, tanggung jawab, mandiri. Jangan karena materi kuliah yang begitu berat, temen2 udah nyerah.. Untuk temen2 yang masih semester 1, selain banyaknya tugas dari senior, beberapa juga ditambah tugas dari senior (baca : pengkaderan).

OK, beberapa dari temen2 mungkin belum paham akan esensi kuliah tersebut. Beberapa yang kita dapatkan dari kuliah :

  • Self Managing

Nama latinnya pengendalian diri, manajemen diri. Di bangku kuliah, temen2 dituntut untuk mampu memanajemen waktu temen2, entah itu untuk kuliah, bersih2 kos, belajar mandiri, riset, organisasi dan yang lainnya. Itu semua akan berguna kelak saat temen2 bekerja. Di dalam dunia kerja, ternyata faktor non-teknis seperti self managing sangatlah memperngaruhi. Faktor teknis seperti skill core yang temen2 miliki hanya berpengaruh sedikit. Itu saya pahami saat saya magang di BPN Wonosobo saat kelas 2 SMK.

  • Skill Core

Sipp..jelas.. Skill core (skill utama) berguna saat kita menyelesaikan suatu pekerjaan, kita dituntut fleksibel dan aplikabel dalam menerapkan  skill yang kita dapatkan. Karena background saya dari Informatika, misalnya penerapan saat kita dihadapkan pada problem manajemen kantor yang begitu kompleks, kita buat buat penyelesaian dalam bentuk sistem informasi (software) yang memudahakan manajemen tersebut.

Saya teringat dengan suatu pepatah yang saya baca di salah satu buku motivasi..gini pepatahnya..

“Bangunlah ketika yang lain sedang tertidur,,

Berjalanlah ketika yang lain sedang bangun,,

Berlarilah ketika yang lain sedang berjalan,,

Dan terbanglah ketika yang lain mulai berlari,,

Dan ketika yang lain terbang maka saya telah SUKSES!!!”

Cermati, renungi, kalo perlu catat kata2 itu..dan lakukan sekarang juga….!!!!! 😀

Pantai

3 thoughts on “Buat Apa Kuliah??

    azer89 said:
    17 Februari 2011 pukul 17:33

    salah satu hal penting lainnya adalah motivasi, gimana agar motivasi itu tetap tinggi karena memang yang namanya motivasi selalu fluktuatif
    percuma perencanaan yg matang tapi motivasi ga ada jadinya malah ga dikerjain
    cmiiw

      fadlikadn responded:
      18 Februari 2011 pukul 01:27

      memang motivasi adalah salah satu faktor X yang sedikit banyak berpengaruh pada kuliah kita. Bener kata mas reza, motivasi sangat berpengaruh, saya ambil sampel evaluasi saya, nilai semester 1. Nilai semester 1 saya kurang dikarenakan turunnya motivasi saya seiring berjalannya kuliah di Informatika. Dan semester ini saya bertekad untuk memperbaiki itu.. oke mas..makasih sarannya.. 🙂

    DEWA said:
    15 November 2011 pukul 08:17

    IJIN KOPAS gan pepatahnya… 😀

Tinggalkan Balasan

