Prepare to be A Web Developer

Posted on Updated on

Saat ini perkembangan software makin beralih dari Desktop base ke Web Base. Tentunya itu merupakan suatu peluang tersendiri, juga merupakan suatu tantangan. Seorang programmer wajib memperhatikan trend ini, terutama untuk mengetahui kebutuhan pasar saat ini. Ke depan, seorang Web Developer prospeknya akan sangat menjanjikan. Tentunya banyak yang mesti dipersiapkan. Apa saja?? Di sini aku ingin men-share apa yang aku ketahui, kalo temen-temen ada tambahan, comment ya..buat masukan dan koreksi diri kita…

1. Basic Programming
Seorang Web Developer tentunya harus menguasai minimal 1 bahasa pemrograman. Dalam dunia web, ada begitu banyak bahasa pemrograman, di antaranya PHP, Javascript, ASP, ASP.NET, Java, Ruby, dan sebagainya. Pada prinsipnya, semua bahasa pemrograman itu sama, yang membedakan hanyalah sintaksnya. Jadi usahakan kita mahir di salah satu Bahasa Pemrograman, usahakan capai level mahir di bahasa tersebut. kalo udah mahir, mudah kq kalo mau pindah ke bahasa yang lain.
PHP Logo
2. Basic HTML and CSS
HTML adalah standar dari dokumen web,sedangkan CSS adalah standar setting tampilan dari dokumen web. Mau g mau, seorang Web Developer harus menguasai kedua bahasa tersebut. Kalo sampai g bisa, waduh…bakal repot tuh… Masa’ dasarnya aja g bisa, gmn ke depannya…hehe 😉

HTML 5

3. SQL
SQL adalah singkatan dari Structured Query Language. SQL adalah bahasa yang digunakan dalam database. Ada banyak macam database yang digunakan, paling banyak adalah MySQL. Salah satu kelebihan MySQL adalah selain gratis, MySQL juga ringan… Kebanyakan Cpanel2 saat ini pasti mensupport MySQL ini.

4. Framework javascript
Javascript adalah salah satu client-side server. Javascript biasanya digunakan untuk mengatur interaksi dengan end-user. Situs2 populer seperti facebook, google, yahoo pasti menggunakan javascript ini. Framework javascript ada banyak jenisnya, yang paling populer adalah jQuery, Lightwindows, Script.aculo.us.

5. Framework PHP
Sekarang bukan jamannya membuat suatu web dalam waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Seperti Framework javascript, di dalam Framework PHP terdapat library-libray yang digunakan untuk mendukung fitur-fitur dalam Web App, di antaranya Upload Image, email, Session Security, Directory Management, dsb.

6. AJAX
AJAX ini adalah singkatan dari Asyncronous Javascript And XML. AJAX digunakan untuk memperindah tampilan, selain untuk meningkatkan interaktifitas dengan user. Penggunaaan Bandwith bisa diirit dengan AJAX, karena AJAX hanya memanggil yang dibutuhkan oleh user, tidak semua elemen yang di-load ulang.

7. CMS

8. E-Commerce Knowledge

9.Widget Development

10.RIA (Rich Internet Application)

11. Mobile Platform

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s